wartagres.com
Headline Pemerintahan Surabaya

Komisi A Dukung Progam “Lontong Kupang” Hasil Kolaborasi Pemkot Surabaya, PA dan Kemenang

zoom virtual, anggota komisi A DPRD Surabaya, Fatkhur Rohman dan Kadispendukcapil Agus Imam Sonhaji.

SURABAYA, Wartagres.Com – Rencana sidang pertama progam “Lontong Kupang” yang akan digelar Rabu (15/9/2021), mendapat dukungan komisi A DPRD Surabaya.

Sidang yang merupakan kerjasama antara pemerintah kota Surabaya, Pengadilan Agama (PA), dan Kementerian Agama (kemenag), itu merupakan inovasi baru yang akan bekerjasama dengan 3 instansi.

“Kita ada inovasi baru pak, namanya Lontong Kupang yaitu layanan online one gate system kerjasama Dispendukcapil, PA dan Kemenag. Salah satunya layanan Itsbat Nikah pak, cocok untuk yang nikah siri ini pak”, jelas Agus Sonhaji, Kadispendukcapil Surabaya.

Agus sonhaji menambahkan bahwa inovasi ini akan dipusatkan di tingkat kelurahan untuk pemberkasan dan pemenuhan syarat-syarat dan sidang akan dilaksanakan di kecamatan secara bergilir dan berkala. Dengan program ini diharapkan bisa membantu warga terkait itsbat nikah. Dan, insyaAllah identitas anak bisa dirubah, yang awalnya hanya anak seorang ibu bisa menjadi anak kedua orang tua.

Menyikapi paparan Kadispendukcapil, Fatkur Rohman, Anggota Komisi A mengapresiasi program _Lontong Kupang_ ini dan berharap niat baik ini bukan malah menyulitkan warga tapi justru memudahkan proses dan memangkas biaya.

“Saya berharap tidak ada lagi birojasa sehingga hanya kena PNBP di PA nya dan semoga ada aplikasi yang _user friendly_ bagi warga agar ada transparansi”, jelas Fatkur, Wakil Ketua Fraksi PKS Kota Surabaya.

Agus Sonhaji membenarkan bahwa tidak akan ada lagi biaya sebagaimana di birojasa, hanya akan ada biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang nilainya sangat terjangkau warga dan memang akan ada aplikasi khusus yang di install dan terintegrasi dengan e-kios di kelurahan.

“Agar Inovasi ini benar-benar sesuai harapan, dengan skema _one gate system_, 3 produk sekaligus muncul yaitu hasil sidang PA, Buku Nikah dan Pembaruan Akta Kelahiran, SDM kelurahan harus betul-betul disiapkan ya pak”, pungkas Fatkur dalam hearing komisi A dan Dispendukcapil, Senin 13 September 2022. (Tur)

Related posts

Hearing Rumah Pompa Semolowaru Temui Jalan Buntu

redaksiKG01

Meski Zona Orange, Pemkot Tak Ijinkan RHU di Surabaya Beroperasi

redaksiKG01

Hak Masyarakat Terganggu, Komisi A Ajukan Revisi Perda Reklame, Bilboard, Bando dan Baliho Dilarang

redaksiKG01