Ditlantas Polda Jawa Timur Launching Aplikasi TACS

by -426 Views

SURABAYA, Wartagres.Com – Ditlantas Polda Jawa Timur resmi melaunching aplikasi berbasis web bernama Traffic Accident Claim System (TACS). Aplikasi ini akan memutus birokrasi berbelit saat korban kecelakaan melakukan klaim asuransi. Sehingga, penanganan korban kecelakaan bisa lebih cepat.

Launching TACS ini merupakan hadiah dari Polda Jatim para masyarakat, untuk menyambut Hari Bhayangkara ke 74. Launching pun dilakukan oleh Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran didampingi Gubernur Khofifah Indar Parawansa hingga Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah.

Dalam sambutannya, Khofifah mengapresiasi inovasi dari Polda Jatim Menurutnya, inovasi ini merupakan sinergitas dari empat hal penting. Pertama ada sistemisasi dalam Polri yang protomoter, persiapan menuju new normal, penguatan kebutuhan Indonesia menuju era 4.0, dan bagaimana memberikan kecepatan, ketepatan dan percepatan layanan pada masyarakat.

“Empat hal ini menjadi inovasi untuk kita terus bergerak progresif dan manfaatnya besar, bukan bagi masyarakat saja tapi bagi bangsa dan Indonesia,” kata Khofifah di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (30/6/2020).

Selain itu, Khofifah berharap hal ini seiring dengan program Pemprov Jatim yang CETTAR. Khofifah ingin program TACS ini bisa menggandeng lebih banyak RS hingga puskesmas agar menjangkau masyarakat lebih luas.

“Artinya bahwa CETTAR yang menjadi tagline kerja kami di pemprov, kami mendapatkan energi luar biasa dari diluncurkannya TACS. Di semua lini, ini sesuatu yang diharapkan masyarakat. Hari ini di tengah pandemi COVID-19 ada pikiran out of the box yang muncul. Pikiran out of the box ini muncul dari Dirlantas Polda Jatim,” imbuh Khofifah.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran mengatakan TACS sudah melakukan MoU dengan 139 rumah sakit di Jawa Timur. Fadil menyebut korban laka lantas bisa dipermudah klaim asuransi Jasa Raharja hingga BPJS.

“Di Jatim ada 139 RS. Ke depan puskesmas yang bisa melakukan rawat inap bisa melakukan sistem ini. Aplikasi ini memudahkan masyarakat korban lantas mendapatkan klaim asuransi Jasa Raharja yang tercover BPJS agar mendapatkan layanan kesehatan,” papar Fadil.

Fadil berharap aplikasi ini bisa menekan angka fatalitas akibat kecelakaan. Sebagaimana TACS merupakan hadiah pada masyarakat di Hari Bhayangkara ke 74.

“Mudah-mudahan masyarakat makin terlayani dalam menghadapi new normal. Ini kita persembahkan pada masyarakat untuk kado Hari Bhayangkara ke 74 besok,” harap Fadil. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.