Polda Jatim Siap Amankan Pilkada Serentak 9 Desember 2020

by -273 Views

SURABAYA, Wartagres.Com – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si, didampingi Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo. Serta Pejabat utama (PJU) Polda Jatim dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menggelar audiensi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur di Lobby Tribrata lantai 2 Polda Jatim.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda dan Ketua KPU jatim membahas perihal kesiapan tahapan pilkada serentak yang berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Meski kurang empat bulan lagi, namun segala persiapan mulai dari keamanan, gangguan kantibmas maupun semua tahapan pilkada harus disiapkan sejak awal.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Dr. M. Fadil Imran, M.Si menyebutkan, bahwa audiensi yang dilakukan dengan KPU Jatim tentang tahapan pilkada inj cukup baik. Meski kurang 4 bulan, namun semua harus disiapkan, agar pada waktunya nanti, pilkada bisa berjalan dengan baik, aman, dan damai.

“Meski kurang 4 bulan lagi pilkada serentak di jatim, namun semua tahapan pilkada harus disiapka jauh-jauh hari. Hal ini sebagai bentuk upaya antisipasi gangguan kantibmas saat gelaran pilkada di jatim,” kata Kapolda Jatim, M. Fadil Imran saat audiensi dengan KPU Prov Jatim, Senin, (6/7/2020).

Kapolda Jatim menambahkan, bahwa untuk pengamanan tahapan Di Pilkada Jawa Timur nantinya akan dipimpin langsung oleh Wakapolda Jatim. Nantinya akan dibentuk Satgas Nusantara, guna menciptakan suasana, aman, damai dan sejuk, sehingga Pilkada di jatim aman dan berjalan dengan baik.

“Pengamanan pilkada di Jatim akan dipimpin langsung oleh Wakapolda jatim dengan membentuk Satgas Nusantara. Agar tidak ada gangguan kantibmas saat pagelaran pilkada serentak,” tambahnya.

Lanjut Kapolda, Pilkada serentak di jatim akan dilaksanakan di 19 Kabupaten/Kota. Tiga pemilihan Walikota dan 16 pemilihan Bupati. Ini harus benar – benar dikawal, Polda Jatim beserta Polres jajaran siap untuk melakukan pengamanan Pilkada di Jatim.

“Kami Polda Jatin siap mengamankan jalannya pilkada, selain itu, kapolres jajaran juga membackup penuh mulai tahapan pemilihan hingga pencoblosan,” ucap Kapolda.

Sementara itu, Choirul Anam ketua KPU menyebutkan, bahwa sampai saat ini KPU Jatim juga telah melakukan beberapa tahanan pemilukada. Mulai dari persiapan tahapan pilkada, pembentukan anggota KPPS dan juga APD bagi anggota KPU maupun KPPS. Pasalnya, pilkada saat ini digelar di tengah pandemi Covid19.

“Kami sudah melaksanakan tahapan persiapan pilkada, mulai dari pembentukan KPPS, anggaran, bahkan persiapan Rapid Tes bagi komisioner KPU baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” sebut Ketua KPU Provinsi Jatim di gedung tribrata lantai 2. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.