Wali Murid Keluhkan Belajar Gunakan Sistem “Daring”, Bagaimana Solusi Pemerintah?

by -313 Views
Siswa Sekolah Dasar (SD) yang sedang belajar menggunakan sistem daring atau online.

SURABAYA, Wartagres.Com – Sejak tanggal 13 Juli 2020 seluruh pelajar Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai masuk sekolah, namun belajar mengajar di sekolah diganti dengan sistem ‘daring’ atau online.

Hal inilah yang dikeluhkan banyak wali murid siswa sebab, di tahun ajaran baru di massa pandemi covid-19 ini, seluruh siswa dipaksa untuk proses belajar mengajar menggunakan sistem ‘daring’ atau online.

Sistem belajar ‘daring’ ini mewajibkan pelajar selalu menggunakan alat bantu belajar menggunakan Hanphone (HP) maupun Laptop dengan menyiapkan paket data internet.

Siswa harus melihat secara langsung pelajaran yang diberikan oleh guru melalui tayangan youtube, maupun aplikasi yang lain.

Pertanyaanya, bagaimana siswa yang tidak mampu untuk membeli paket data internet, atau pun yang tidak mempunyai Handphone android atau laptop.?

Maka dari itu banyak wali murid yang merasa keberatan dengan sistem ini, namun mereka tidak bisa berbuat banyak. Satu sisi mereka mengeluh dengan paket data, disisi lain anak mereka harus tetap belajar guna mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru.

“Saya keberatan sebenarnya dengan sistem belajar menggunakan sistem daring ini mas, karena orang tua siswa harus menyiapkan hanphone maupun laptop dan paket data. Sedangkan banyak wali murid yang tidak mampu seperti saya. Tapi mau gimana lagi demi anak mas agar tetap bisa sekolah,” kata sri, wali murid, Kamis (23/7/2020).

Sri menambahkan, tidak semua orang tua mampu untuk sistem belajar yang diterapkan oleh Menteri Pendidikan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan di masing-masing daerah. Pemerintah seharusnya punya solusi dengan belajar daring di massa pandemi covid19.

“Seharusnya dengan sistem baru ini, pemerintah harus berikan solusi. Karena tidak semua orang tua mampu membeli paket data internet,” tambahnya.

“Saya berharap dan mungkin juga para wali murid yang lain, agar pemerintah bisa memberikan solusi,” pungkasnya. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.