Dirlantas Polda Jatim Launching Aplikasi Traffic Attitude Record (TAR) di Polres Tulungagung

by -1653 Views
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur, Launching Traffic Attitude Record (TAR) yang dilaksanakan di Ruang Tribrata, Polres Tulungagung, Jawa Timur.

SURABAYA, Wartagres.Com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur, Senin pagi (21/9/2020) Launching Traffic Attitude Record (TAR) yang dilaksanakan di Ruang Tribrata, Polres Tulungagung, Jawa Timur.

Traffic Attitude Record (TAR) merupakan database pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang dimiliki oleh Polri. Data yang dimiliki terkoneksi antara SKCK Online Sat Intel Polres Tulungagung, Aplikasi SIM Ceria Polres Tulungagung, Aplikasi Traffic Accident Claim System (TACS) Polres Tulungaung secara online.

“Dengan sistem Traffic Attitude Record (TAR), yang baru saja di Launching ini, bisa menjadi lebih muda untuk melakukan pengurusan bagi masyarakat. Seperti pengurusan SKCK Online, SIM maupun yang lain,” kata Kombes Latif Usman, Dirlantas Polda Jatim, Senin siang (21/9/2020).

Latif menambahkan, Dengan sistem TAR yang terintegrasi ini menjadi bagian penting untuk membangun Budaya Tertib Berlalu Lintas, karena sistem ini akan dapat menganalisa data dan muncul pada aplikasi pendaftaran online SIM, SIM Ceria Polres Tulungagung (khususnya untuk perpanjang SIM). “Yang dikaitkan dengan sistem E-Tilang dan TACS akan semakin akurat sistem pencatatan pelanggaran lalu lintas maupun Laka Lantas,” tambahnya.

Selain itu, TAR digunakan untuk memonitoring setiap kegiatan masyarakat yang telah melakukan pelanggaran lalu lintas maupun laka lantas berulang kali. Data yang ada dalam TAR digunakan sebagai input dalam aplikasi pendaftaran SIM Ceria dan keterangan di SKCK.

“TAR ini juga bisa melakukan monitoring bagi pelanggar berlalu lintas saat dijalan, sehingga dengan muda petugas melakukan tindakan. Selain, juga bisa sebagai input dalam aplikasi pendaftaran SIM,” paparnya.

TAR juga dapat di gunakan untuk kepentingan lainnya, seperti image processing/image analisis untuk menghasilkan sebuah system, seperti halnya;

1. Monitoring dan evaluasi dalam berbagai sistem-sistem virtual, infografis maupun statistik secara ontime, realtime dan anytime.

2. Sebagai pendukung forensik kepolisian.

3. Techno Crime Prevention.

4. Menunjukan alogaritma Road Safety.

5. Pelayanan prima yang cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif dan mudah diakses.

6. Mendukung program pemerintah untuk membangun ERP, ERC, e-Parking, e-SAMSAT, e-Banking, serta E-TLE dan sebagainya.

7. Akuntabilitas kepada publik secara moral, hukum, administrasi dan fungsional.

8. Reformasi birokrasi, inisiatif antikorupsi dan trobosan kreatif.

9. Landasan mewujudkan Polantas yang profesional, cerdas, bermoral dan unggul.

10. Membangun budaya tertib lalu lintas. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.