Siloam Hospital Surabaya dan BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan umPekerja Rentan

by -261 Views

SURABAYA, Wartagres.Com – Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkap, jika dampak pandemi COVID-19 menyebabkan 15,6% pekerja mengalami PHK, dan 40% pekerja mengalami penurunan pendapatan. Diantaranya sebanyak 7% pendapatan buruh, berkurang sampai 50%.

Kondisi pandemi membuat dampak yang cukup besar di beberapa sektor, salah satunya sektor perekonomian. Hal ini membuat banyak pekerja harus berhemat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena adanya penurunan pendapatan. Namun keselamatan dalam bekerja, tidak terkena dampak disituasi pandemi sekarang ini. Kecelakaan kerja tetap dapat terjadi tanpa terduga.

Karena alasan itu lah, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) bersama Siloam Hospitals Surabaya, mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), yang memberikan dukungan dana untuk 500 peserta program Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

GN Lingkaran merupakan program BPJS Ketenagakerjaan, yang telah terbentuk sejak Agustus 2016. Program ini untuk memberikan perlindungan bagi pekerja, khususnya pekerja rentan yang berpenghasilan rendah.

Bekerja sama dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, mereka yang akan mendapatkan bantuan adalah jemantik, serta mereka yang tergabung dalam komunitas pekerja tidak mampu, seperti pedagang kaki lima, tukang becak, dan juru parkir.

Penerima bantuan bisa menggunakan dana bantuan tersebut, ketika mengalami kecelakaan saat bekerja. Pekerja bisa mendapatkan penanganan kecelakaan di rumah sakit rekanan BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya di Siloam Hospitals Surabaya. BPJS Ketenagakerjaan siap menanggung biaya penanganan kecelakaan kerja, sesuai dengan regulasi yang sudah berjalan.

Kegiatan CSR tersebut diadakan pada Senin (24/5/2021), bertempat di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa. Bantuan diberikan Direktur Rumah Sakit, dr. Maria Magdalena Padmidewi, Sp.PK, didampingi jajaran manajemen rumah sakit yang di terima langsung oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa, Indra Iswanto yang didampingi Kepala Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi, Indra Gunawan, dan Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus, Edi Sasono.

Bantuan oleh Siloam Hospitals Surabaya secara simbolis diberikan langsung kepada perwakilan penerima bantuan yang telah ditunjuk oleh dinas sosial dan dinas kesehatan.

“Kami berharap, kecelakaan kerja akan sangat minim terjadi, namun jika memang ada kejadian, biarlah support yang kami berikan dapat meringankan para pekerja dalam biaya yang timbul akibat kecelakaan kerja. Dan sebagai salah satu rekanan rumah sakit BPJS Ketenagakerjaan, kami bisa dan siap memberikan layanan medis bagi pekerja.” Ujar dr Maria.

Sementara itu Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa, Indra Iswanto menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan tersebut.

“Kami berterima kasih kepada Siloam Hospitals Surabaya untuk support yang diberikan untuk GN Lingkaran. Melalui kegiatan ini, akan ada semakin banyak pekerja yang memiliki penjaminan biaya ketika kecelakaan kerja terjadi khususnya mereka pekerja rentan.” terangnya. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.