Pakar Epidemiolog Anggap Swab di Jembatan Suramadu untuk Melindungi Warga Madura dan Surabaya

by -467 Views
Petugas melakukan screnning di jembatan Suramadu.

SURABAYA, Wartagres.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan terus bekerjasama dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini semata-mata untuk melindungi warga Surabaya maupun Bangkalan, Madura dari penularan Covid-19.

Bahkan untuk memasifkan langkah preventif, Pemkot Surabaya dan Pemkab Bangkalan sepakat untuk menerapkan screening dan swab di kedua sisi Jembatan Suramadu. Tentunya kebijakan ini berdasarkan arahan dan petunjuk dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Pakar Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia (UI) Prof dr Pandu Riono, MPH, Ph.D berpendapat bahwa tujuan dari penyekatan di akses Suramadu adalah untuk membatasi mobilitas penduduk serta meningkatkan testing, tracing dan treatment. Lebih mudahnya adalah untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran Covid-19. Apalagi, baru ini ditemukan kasus mutasi varian baru dari hasil penyekatan.

“Dengan adanya virus baru ini, lebih bermutasi dan lebih menular, maka baik dari Bangkalan maupun Kota Surabaya benar-benar harus menjaga penduduknya agar tidak berimbas lebih banyak,” kata Prof Pandu saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (17/6/2021).

Oleh sebab itu, Prof Pandu juga mendorong semua pihak agar bisa melakukan langkah preventif supaya virus ini tidak lebih meluas. Salah satu caranya adalah dengan memasifkan upaya testing, tracing dan treatment. Makanya, perlu adanya kerjasama yang baik antara Pemkot Surabaya dan Pemkab Bangkalan.

“Itu harus kerjasama antara Pemkot Surabaya dan Bangkalan. Karena tujuannya sama, ingin saling menjaga dan saling melindungi agar perluasan virus ini tidak menyebar ke penduduk yang belum terkena,” terangnya.

Di sisi lain, Prof Pandu juga mengimbau pemerintah agar terus mengoptimalkan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat. Tentu cara edukasi yang dilakukan kepada warga Surabaya dan Bangkalan metodenya berbeda. Makanya dalam hal ini perlu ada keterlibatan tokoh masyarakat, serta tokoh agama sekitar.

“Ada budaya-budaya yang harus dipahami. Karena edukasi tanpa keterlibatan masyarakat, maka edukasinya tidak nyampai. Ini kita khawatir dianggap malah menghambat, memburuk-burukkan suatu kota atau kabupaten. Karena itulah kita harus mengajak masyarakat untuk edukasi yang sama bukan hanya pemerintah saja,” pesan dia.

Sedangkan mengenai diterapkannya kebijakan screening dan swab di kedua arah Jembatan Suramadu, Prof Pandu pun menyatakan sepakat. Dia menilai bahwa kebijakan ini sebagai upaya melindungi penduduk, baik yang akan menuju Surabaya maupun Bangkalan, Madura.

“Baik penduduk Surabaya atau Madura yang melakukan perjalananan ke Madura maupun sebaliknya itu harus melalui testing. Karena virus ini bisa kena kepada siapa saja,” papar dia.

Oleh karena itu, Prof Pandu kembali memastikan, bahwa kebijakan penyekatan di kedua sisi akses Suramadu itu sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat. Baik itu warga Surabaya maupun Bangkalan, Madura.

“Semua ini dilakukan untuk melindungi warga. Jadi melalui itu (swab), kita jadi yakin tidak membawa virus, tidak menyebar ke keluarga. Karena klaster keluarga termasuk tinggi di Indonesia,” ungkap dia.

Di samping itu, Prof Pandu juga menyarankan agar kebijakan swab di kedua sisi akses Suramadu diberlakukan hingga angka positivity rate rendah. Misalnya, positivity rate telah mencapai di bawah 5 persen atau posisi 1 persen. Nah, setelah itu intensitas swab di penyekatan ini bisa dikurangi atau tidak dilakukan dalam tiap hari.

“Nah pengurangannya itu bisa tidak setiap hari. Jadi, mengurangi kegiatan testing. Jadi kalau tiap hari mau bolak-balik ke Madura itu setiap 3 hari sekali testing. Karena testingnya kan antigen, jadi kalau sudah negatif tidak perlu testing lagi baik yang dari Madura atau Surabaya,” sarannya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan, bahwa Surabaya dan Bangkalan itu ibarat keluarga yang tidak bisa dipisahkan. Karenanya untuk memutus mata rantai Covid-19 ini dibutuhkan kebersamaan. “Makanya, sebagai saudara kita harus saling melengkapi dan membantu,” kata Wali Kota Eri.

Oleh sebab itu, Wali Kota Eri bersama Bupati Bangkalan sepakat untuk menerapkan swab di kedua sisi Jembatan Suramadu. Kebijakan ini dilakukan tak lain semata-mata untuk melindungi warga, baik yang akan ke Bangkalan, Madura, maupun ke Kota Surabaya.

“Yang pasti, warga yang akan masuk ke Madura, harus saya pastikan sehat dengan dilakukan tes di Suramadu sisi Surabaya. Jadi, ini satu keluarga besar yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya,” pungkasnya. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.