Lestarikan Tradisi Pesantren, PKS Selenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning Edisi ke 5 se-Surabaya Raya

by -464 Views
PKS kembali menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) Tingkat Surabaya – Sidoarjo di halaman kantor DPD PKS Kota Surabaya, Minggu (28/11/2021).

SURABAYA, Wartagres.Com – PKS kembali menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) Tingkat Surabaya – Sidoarjo di halaman kantor DPD PKS Kota Surabaya, Minggu (28/11/2021)

Lomba ini rutin diselenggarakan oleh PKS dalam rangka memperingati hari santri nasional dan milad fraksi PKS DPR RI ini memasuki edisi ke 5. Untuk Perhelatan LBKK ini, diselenggarakan oleh DPD PKS Kota Surabaya bersama dengan DPD PKS Kabupaten Sidoarjo dan diikuti oleh peserta dari dua wilayah, yaitu Surabaya dan Sidoarjo dengan jumlah peserta terdaftar sebanyak 22 orang.

LBKK kali ini dihadiri oleh anggota DPRD Jatim, Lilik Hendrawati Dan dihadiri pula oleh jajaran pengurus DPD PKS Kota Surabaya, diantaranya Ketua DPD PKS Kota Surbaya, Johari Mustawan, Sekretaris DPD PKS Kota Surabaya sekaligus mewakili Fraksi PKS Kota Surabaya, Cahyo Siswo Utomo, dan Ketua Bidang Pembangunan Keumatan dan Dakwah, Ust Turmudi.

Dalam sambutannya, Johari mengingatkan pentingnya peran santri dan para kyai dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan LBKK merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan PKS dalam rangka hari santri nasional yang memiliki tujuan untuk melestarikan tradisi-tradisi baik dalam dunia santri, salah satunya membaca kitab kuning.

“Santri dan Kyai memiliki peran yang sangat penting dalam perjuangan kemerdekaan negeri ini, tangan – tangan suci para kyai dan tangan – tangan kuat para santri membantu perjuangan kemerdekaan Indonesai. LBKK merupakan kegiatan rutin tahunan PKS dalam rangka hari santri nasional yang memiliki tujuan menumbuhkan dan menjaga tradisi-tradisi yang baik dalam dunia santri, salah satunya yaitu membaca kitab kuning,” Ujar Bang Jo sapaan akrab Johari Mustawan.

Sementara itu Lilik Hendarwati dalam sambutannya menyampaikan bahwa Fraksi PKS selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik buat umat, melalui kegiatan LBKK ini, fraksi PKS turut melestarikan budaya – budaya baik yang ada di pesantren.

“Fraksi PKS selalu memberikan pelayanan terbaik buat umat. Kegiatan LBKK ini, Fraksi PKS turut serta dalam melestarikan budaya – budaya baik yang ada di pesantren, yaitu memberikan pemahaman Al-Quran dan Sunnah melalui kitab kuning,” ujarnya.

Lilik menambahkan, Fraksi PKS selalu memperjuangkan aspirasi – aspirasi keumatan, salah satunya yang saat ini dilakukan Fraksi PKS Jatim memperjuangkan perda pengembangan pesantren, dimana pesantren – pesantren yang ada di Jatim bisa mendapatkan supporting dalam pengembangan fasilitas – fasilitas pesantren dari pemerintah daerah.

“Selain itu, Fraksi PKS Jatim saat ini sedang memperjuangkan perda pengembangan pesantren, dimana pesantren – pesantren yang ada bisa mendapatkan supporting pengembangan fasilitas pesantren dari pemerintah daerah,” Tambahnya.

Setelah Sambutan, bunda Lilik Hendarwati langsung membuka kegiatan LBKK V secara resmi dengan ditandai penabuhan Rebana sebanyak 3 kali.

Kegiatan LBKK berlangsung secara berjenjang, mulai tingkat daerah (termasuk dari Surabaya dan Sidoarjo) kemudian lanjut ke Provinsi Jawa Timur hingga terakhir ke Fraksi PKS DPR RI. Sementara itu untuk hadiah yang diperebutkan ditingkat pusat total uang tunai 75 just dan hadiah utama Umroh ke tanah suci. Sedangkan untuk tingkat Surabaya dan Sidoarjo, hadiah yang diperebutkan uang tunai total 4,5 juta.

Setelah melalui proses yang panjang, LBKK tingkat Surabaya dan Sidoarjo menghasilkan 3 orang pemenang. Keluar sebagai juara pertama, yaitu Faiz Albar, sedangkan untuk juara kedua, Wasil Sidhu Ilma, dan Juara ketiga Ahmad Jauhari Nahari. Nantinya, para Juara ini akan mewakili Surabaya – Sidoarjo untuk LBKK tingkat wilayah yang rencananya akan digelar 2 Desember 2021. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.