Antisipasi Lonjakan Omicron, Forkopimda Jatim Gelar Rapat Pengendalian Covid-19

by -221 Views
Forkopimda menggelar rapat pengendalian Covid-19, di Convention Hall Mall Grand City Surabaya, Senin (24/1/2022).

SURABAYA, Wartagres.Com – Forkopimda Jatim menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Covid-19 dan Penanganan Kedatangan Pekerja Migran Indonesia Di Jawa Timur, pada Senin (24/1/2022) di Convention Hall Mall Grand City Surabaya.

Ketua Satgas Kuratif Covid-19 Jatim dr. Joni Wahyuadi menyampaikan, paparan mengenai varian Omicron di Jatim yang cukup meningkat selama sepekan ini. Oleh karena itu hal ini perlu di antisipasi agar tidak terjadi puncak pasien yang terpapar Covid-19.

“Resiko penularan Covid-19 varian Omicron ini lebih banyak berasal dari transmisi lokal artinya terjadi penularan di masyarakat. Meski antibodi sudah terbentuk karena telah mendapatkan vaksin tetapi prokes juga harus diberlakukan secara ketat,” kata Joni.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh masyarkat untuk meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan agar tidak terjadi lonjakan puncak Covid-19 varian Omicron sekitar Maret 2022.

Beberapa kota yang berpotensi menjadi lonjakan Covid-19 diantaranya Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Matraman oleh karena itu adanya kordinasi yang solid dari seluruh stakeholder terkait.

“Diperlukan penerapan protokol kesehatan yang ketat mengingat saat ini aktivitas masyarakat yang cukup tinggi. Diwajibkan pengecekan aplikasi peduli lindungi di beberapa tempat wisata, mall, maupun tempat berkumpulnya masyarakat,” tegas Gubernur.

Selain itu Gubernur menyebut, bahwa dalam penangan PMI di Jatim yakni setiap PMI akan dipulangkan ke wilayahnya masing-masing bila sudah dipastikan kondisinya sehat.

“Akan dipulangkan setelah benar-benar sehat. Ini merupakan bentuk kami dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Jatim. Selain itu baik di sekolah maupun kampus yang sudah melaksanakan tatap muka juga wajib diberlakukan prokes ketat,” katanya.

Sedangkan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan, bahwa dalam penangan Covid-19 dibutuhkan dua hal yakni ilmu pengetahuan dan koordinasi serta komunikasi.

Ia menjelaskan bahwa upaya yang dilakukan oleh Polda Jatim beserta Polres jajaran yakni penguatan operasi Yustisi di tempat kerumunan masyarakat, mempersiapkan tempat isoter bagi pasien terkonfirmasi Covid-19, serta percepatan vaksinasi booster terhadap lansia, remaja, dan anak-anak.

“Saya meminta kepada polres jajaran agar segera mengoptimalkan kemampuan dalam percepatan vaksin baik secara gerai vaksin maupun door to door. Kami juga membantu satgas penanganan kedatangan PMI di Jatim,” tutur Kapolda.

Sedangkan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto menjelaskan, mengenai mekanisme penanganan kedatangan PMI sewaktu tiba di Bandara Juanda hingga menuju ke tempat karantina dan hotel.

“Kami kemarin menerima kedatangan 129 PMI, dan dua dinyatakan positif Covid-19. Setelah menjalani semua SOP selama di bandara baik pengecekan suhu, cek paspor dan visa, tes PCR baru yang hasilnya negatif menjalani karantina selama 7 hari. Saya minta kepada para Dandim agar PMI yang hasilnya negatif setelah karantina agar dijemput dan diantar ke wilayahnya masing-masing,” pungkas Pangdam. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.