Seniman dari Berbagai Daerah Hadiri Pameran Seni Rupa yang Digelar Mahasiswa Unesa

by -441 Views
Para Seniman menghadiri pameran seni rupa yang digelar mahasiswa Unesa.

SURABAYA, Wartagres.Com – Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), UNESA (Unibersitas Negeri Surabaya) mengggelar PARSESA (Pameran Seni Rupa Unesa) dengan tema “Travesti”. Pameran tersebut digelar oleh mahasiswa Unesa tingkat akhir di Galeri Seni Gedung T3 Jurusan Seni Rupa Kampus Unesa, Lidah Wetan, Surabaya mulai Senin (13/6/2022) hingga Kamis (16/6/2022) mendatang.

Sebanyak puluhan lukisan hasil karya mahasiswa jurusan seni rupa itu dipamerkan dalam acara tersebut.

Jefri, Ketua pelaksana pameran mengatakan, nama PARSESA muncul sebagai pemersatu seluruh Mahasiswa Seni Rupa karena nama tersebut disusun langsung oleh banyak angkatan mahasiswa Unesa jurusan Seni Rupa Murni tahun 2018.

Nama tema yang di ambil itu, berawal dari gemarnya masyarakat menikmati acara atau tontonan yang berisi hal-hal yang berbau parodi dan sindiran dan juga perilaku masyarakat juga yang gemar menyindir yang sekarang disebut dengan “Julid”.

“Kami kali ini mengambil tema berdasarkan kehidupan nyata yaitu Travesti, yang merupakan sinonim dari kata parodi, sindiran atau ejekan. Sesuai dengan tema, parodi dan sindiran dapat digambarkan dalam banyak hal, mulai dari mengurangi, menambah, atau bahkan mengubah keseluruhan namun tetap membawa pesan dan pernyataan yang sesuai konsep,” kata Jefry, Selasa (14/6/2022).

Jefri menambahkan, pada hari pertama terdapat pembukaan dengan cara yang unik, yakni dengan menggunakan pecah kendi yang berisi cat 3 warna dasar.

Pada hari kedua diisi dengan kegiatan Workshop Resin Jewelry yang akan oleh Dimas Kaye dan kawan-kawan, dan diteruskan dengan kegiatan Bedah Karya oleh seniman paling menonjol di angkatan tersebut yakni Revan dan Jefry.

“Hari ketiga berisi acara talk show dengan seniman atau kurator seni dengan istilah Artist Talk, kegiatan bincang karya yang khusus kuratorial bersama Ayos Purwoaji dan You Winda Dona,” ucap dia.

Pada hari keempat akan ada upacara penutupan dan diiringi Live Music Band bersama Cema, Mighfar Suganda, Tbe Goofie Goober dan Mote Sound System yang tentunya mereka adalah band yang sepak terjangnya sudah tinggi dan tenar di kalangan anak muda Jawa Timur, itulah rangkaian dari pada kegiatan Pameran PARSESA yang cukup padat.

“Dalam Pameran ini bukan hanya kegiatannya padat, namun juga seniman dan karyanya yang padat, sebab pameran ini diikuti oleh 25 seniman muda dengan 120 Karya yang terpajang dan itu luar biasa loh,” tambah seniman yang gemar melukis realis ini.

Kegiatan ini dihadiri dari Madura, Malang, Bali, Yogyakarta bahkan Jakarta, tentu ini menjadi nilai khusus bagi kegiatan ini. Banyaknya pengunjung menggambarkan bahwa masyarakat saat ini semakin banyak yang peduli terhadap seni.

“Sangat menyenangkan bisa kembali menggelar pameran secara langsung atau offline karena kita jadi bisa interaksi langsung antara penikmat dan pemilik karya,” tutup Jefri. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.