Jember Alami Guncangan Gempa Dua Kali Berkekuatan 5,4 dan 5,0 Skala Richter

by -653 Views
Grafik guncangan gempa di Jember.

JEMBER, Wartagres.Com – Guncangan gempa dengan kekuatan 5,4 SR dan 5,0 SR, terasa di wilayah Kabupaten Jember sekitar pukul 03.27 WIB, Sabtu (9/7/2022).

Menurut data informasi yang disampaikan oleh BMKG yang diteruskan BPBD Jember.

Pusat gempa pertama berada di 9,64 Lintang Selatan; 112,91 Bujur Timur. Tepatnya berjarak 171 km Barat Daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Berada pada kedalaman 10 km.

Sementara untuk guncangan gempa kedua, pusatnya berada di 9,57 Lintang Selatan; 112,93 Bujur Timur. Tepatnya 163 km Barat Daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dan berada pada kedalaman sama 10 km.

Menurut Petugas Pusdalops BPBD Jember Holik, guncangan gempa terjadi dua kali.

“Yang terasa itu tadi sekitar pukul setengah empat pagi. Kemudian yang kedua barusan pukul enam ini,” kata Holik saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Untuk guncangan gempa yang dirasakan, lanjut Holik, dari informasi yang diterima dari Pusdalops BPBD Jember berada di wilayah selatan Jember.

“Informasi sementara yang kami terima dari kawan-kawan relawan, wilayah pesisir selatan sangat merasakan guncangan gempa. Apalagi gempa terjadi dua kali,” ucapnya.

“Kami saat ini masih menampung informasi, apakah ada dampak dari guncangan gempa yang terjadi dua kali ini,” sambungnya.

Terpisah salah seorang warga Kecamatan Tempurejo Rico Yulianto mengatakan, untuk guncangan gempa cukup terasa di wilayahnya.

“Saya terasa untuk yang pertama tadi (guncangan gempa). Waktu tidur istirahat di Pos Damkar Ambulu. Terjadi kira-kira 30 detik getarannya. Bahkan sangking kerasnya, kaca bergetar dan bunyi ‘gredek’ gitu,” ucap pria yang juga bertugas sebagai Anggota Damkar dan Penyelamatan Pemkab Jember itu.

Guncangan gempa itu, katanya, cukup mengagetkan. Apalagi terjadi saat pagi hari.

“Karena kaget, teman-teman yang lain juga lari keluar pos. Tapi yang kedua tidak terasa keras seperti yang pertama. Tapi ya ada getaran,” tandasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.