Mengeksplorasi Kreativitas Siswa SMP Muhammadiyah 3 Jombang, Tim Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur Gelar Lomba Poster

by -640 Views
Tim Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur Gelar Lomba Poster.

SURABAYA, Wartagres.Com – Tim mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur telah mengadakan Lomba Poster dengan tujuan mendorong eksplorasi kreativitas siswa di SMP Muhammadiyah 3 Jombang.

Program edukasi ini, yang diperkenalkan di sekolah tersebut, bertujuan untuk menghadirkan inovasi dan memperkaya keterampilan siswa melalui pelajaran tentang Microsoft Word, Microsoft Excel, serta keterampilan pembuatan presentasi dan poster menggunakan Canva.

Dalam rangka pelaksanaan program, tim mahasiswa, yang dipimpin oleh ketua kelompok, Exgy Sulistiyanto, bersama dengan dosen pembimbing, Eka Prakarsa Mandyartha, S.T, M.Kom, secara aktif terlibat dalam diskusi yang membahas berbagai aspek terkait pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

Program ini berlangsung selama 10 hari, dengan konsep belajar sambil berkreasi, di mana mahasiswa UPN “Veteran” berkolaborasi dengan siswa SMP Muhammadiyah 3 Jombang, melibatkan siswa dari kelas 1 hingga kelas 3 secara bergantian dalam kegiatan yang penuh semangat dan inovatif.

Pembelajaran dimulai dengan pemaparan materi dasar seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel, memberikan dasar bagi siswa untuk memahami penggunaan perkantoran dan spreadsheet. Proses pembelajaran berlanjut dengan kegiatan pembuatan presentasi menggunakan Canva, memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas visual mereka. Terakhir, materi ini ditutup dengan sesi pembuatan poster menggunakan platform Canva, di mana siswa dapat mengekspresikan ide dan gagasan mereka dengan cara yang unik dan menarik.

Selain memberikan materi pelajaran, tim juga mengundang siswa untuk berpartisipasi dalam lomba yang dirancang untuk memperkuat kebersamaan, kekompakan, dan kreativitas. Pendekatan pembelajaran dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan, di mana mahasiswa berperan sebagai teman sekaligus fasilitator, menciptakan suasana diskusi yang dinamis.

Kegiatan diakhiri dengan sesi lomba yang menantang dan menarik, diikuti oleh sesi foto bersama dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba dan desain terbaik. Respon positif dari guru dan siswa mencerminkan keberhasilan program ini dalam meningkatkan semangat belajar dan kreativitas di lingkungan sekolah.

Selain memberikan kontribusi pada bidang pendidikan, program ini berhasil mempererat hubungan antara tim mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur dengan siswa SMP Muhammadiyah 3 Jombang. Pengalaman ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam pengembangan ilmu dan kreativitas siswa di masa depan.

No More Posts Available.

No more pages to load.