Klub RAHO Sponsori Penelitian Gelembung Nano untuk Parkinsonism

by -380 Views
Klub RAHO Sponsori Penelitian Gelembung Nano untuk Parkinsonism.
MALANG, Wartagres.Com – Konsep terapi penyakit degeneratif dengan teknologi gelembung nano, sejak beberapa waktu lalu telah diprakarsai dan dikembangkan oleh Guru Besar Universitas Brawijaya Malang,  diantaranya Prof. Sutiman Bambang Sumitro, SU., D.Sc, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., Penasehat IMI Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES, dan Ketua IMI Prof. Akhmad Sabarudin, S.Si., M.Sc., Dr.Sc.
Program penelitiannya dilakukan oleh Institut Molekul Indonesia (IMI) dan untuk dana penelitian sepenuhnya didukung/disponsori klub RAHO (Reverse Aging dan Homeostasis) di bawah pimpinan Khan Eddy, Ketua Klub RAHO.
Setelah berbagai kesuksesan penelitian teknologi gelembung nano untuk terapi berbagai penyakit degenerative khususnya yang berasal dari penyumbatan pembuluh darah, seperti penyakit jantung, stroke dan lain lain, saat ini IMI bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) konsentrasi melakukan penelitian efektivitas teknologi gelembung nano sebagai terapi komplementer yang diharapkan sangat efektif bagi pasien parkinsonism.
Parkinson merupakan penyakit neurodegeneratif yang menyebabkan penurunan fungsi sel saraf secara progresif, pada tahun 2016, dideteksi lebih dari 6,1 juta orang di dunia menderita Parkinson.
Penelitian didukung penuh dokter spesialis saraf senior dari IMI, Dr. dr. Emmy Endang, Sp.S, CIPS. Tim dokter peneliti Parkinsonism terdiri dari dr. Siti Nurlaela, Sp.S, dr. Aris Widayati, Sp.S, dr. Novita Titis Harbiyanti, Sp.S, dan dr. An Nisaa Novrizka Sari, Sp.N dari RSUB, serta didukung mitra pakar dr. Eko Arisetijono, Sp.S(K).
Ketua tim penelitian, dr. Siti Nurlaela, Sp.S, menyatakan, penelitian tersebut merupakan gebrakan dalam tata laksana parkinsonism, mengingat selama ini terapi hanya terbatas pada pengendalian gejala tanpa memperbaiki kerusakan saraf yang terjadi.
“Penelitian ini akan dilaksanakan di RSUB Malang selama satu tahun hingga 2025,” ucapnya.
Hasil penelitian para Guru Besar dan peneliti dari Universitas Barawijaya itu, teknologi gelembung nano sangat aman dan efektif digunakan sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan neuroproteksi. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pasien parkinsonism, memperbaiki derajat penyakit, fungsi kognitif, dan meningkatkan kualitas hidup pasien.
IMI institusi riset berbasis molekul kecil yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. IMI didukung Klub RAHO berkomitmen memberikan hasil penelitian yang bermanfaat langsung bagi masyarakat, serta menyediakan layanan konsultasi berdasarkan kajian ilmiah.
Penelitian ini diharapkan memperkuat RSUB sebagai rumah sakit pendidikan yang tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan, tetapi juga berperan dalam penelitian dan perkembangan ilmu kesehatan.

No More Posts Available.

No more pages to load.