Kemeriahan Turis Ngulek Rujak di Desa Wisata Ngringinrejo, Para Delegasi B-TIFF Mengaku Senang

by -473 Views
Kemeriahan Turis Ngulek Rujak di Desa Wisata Ngringinrejo, Para Delegasi B-TIFF Mengaku Senang.
BOJONEGORO, Wartagres.Com – Delegasi 8 negara dalam event Bojonegoro Thengul International Folklore Festival (B-TIFF) mengunjungi Agrowisata Belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Selasa (23/7/2024). Bertajuk Turis Ngulek Rujak in The Fruit Star Garden, suasana sangat meriah saat mereka memetik dan mencicipi buah belimbing hingga mencoba membuat bumbu rujak sendiri.
Para delegasi juga berkesempatan praktek langsung nyinden-menyanyi mengiringi gamelan-bareng pegiat seni local. Suasana makin semarak saat mereka menyaksikan para ibu bermain musik lesung.
Kades Ngringinrejo Endang Sri Wigati menjelaskan, suatu kehormatan mendapat kunjungan dari delegasi 8 negara peserta B-TIFF. Pihaknya berharap para tamu bisa menikmati suasana kebun belimbing.
“We hope you all have an experience in the beautiful and unique agrowisata Belimbing, the natural land,” ujarnya menyapa masing-masing delegasi.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Budiyanto menyapa seluruh delegasi dan memperkenalkan buah tropis belimbing kepada seluruh delegasi. Ia juga memperkenalkan cara membuat rujak, serta bumbu-bumbunya. Yakni cabai, kacang tanah, gula merah dan sedikit garam. Tak lupa Budiyanto memperkenalkan belimbing dengan fruit star.
“Why is called fruit star? Because if you cut it, it’s like star,” tuturnya.
Dalam kegiatan ini, warga Ngringinrejo juga mendemonstrasikan bagaimana cara mengulek bumbu rujak menggunakan ulek dan cobek. Beberapa perwakilan dari Filipina, Amerika, dan Korea berkesempatan mencoba langsung bagaimana mengulek dan membuat bumbu rujak.
Danielle, delegasi Amerika mengatakan senang bisa mencoba langsung mengulek bumbu rujak. Katanya, rujak sedikit pedas namun lezat. Sedangkan buahnya lebih besar dan manis daripada yang ada di Amerika.
Ia juga mengungkapkan perbedaan belimbing yang ada di Amerika dengan belimbing di Bojonegoro. Di tempat asalnya, belimbing lebih kecil.
“Oh my gosh it was so good. In the United State, we have star fruit. We ship it in, but it was small and tiny, and here is so big and more sweeter. It was a lot better. So much better. The sauce a little bit spicy but tasty,” ungkapnya.
Danielle juga mengungkapkan rencananya untuk lebih banyak mengeksplore wisata-wisata di daerah lain. Dia telah berbicara dengan guide tour-nya dan berharap bisa mengetahui lebih banyak tentang Indonesia. Di matanya, warga Indonesia sangat ramah.

No More Posts Available.

No more pages to load.