Bangkai Hiu Tutul Sepanjang 10 Meter Terdampar di Pantai Selatan Jember

by -349 Views
Petugas amankan bangkai hiu tutul yang terdampar.

JEMBER, Wartagres.Com – Bangkai hewan Hiu Tutul sepanjang kurang lebih 10 meter, terdampar di Pantai Nyamplong Kobong, Dusun Njeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Jember.

Hewan dilindungi yang punya nama latin Rhincodon typus itu sempat diselamatkan sejumlah nelayan untuk dikembalikan ke tengah laut.

Namun Hiu Tutul itu malah kembali ke pinggir pantai dan mati. Bangkai hewan itu pun kini dijaga anggota Polairud Polres Jember, menunggu kedatangan petugas dari BKSDA Wilayah III Jember.

“Hiu itu panjangnya kira-kira 10 meter, kalau bobot mungkin 10 ton, belum dewasa sepertinya. Tadi tahu terdampar di pinggir pantai, saya bersama sejumlah nelayan lain membantu agar bisa kembali ke laut,” kata salah seorang warga setempat Sudarmaji saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Kamis (14/7/2022).

Tapi setelah dievakuasi dengan cara badan hewan itu didorong ke tengah laut, lanjutnya, kira-kira beberapa menit malah terdampar lagi ke pantai.

“Saat balik lagi itu, kita lihat sudah mati. Ya bagaimana lagi. Selanjutnya kita lapor ke Petugas Polair itu,” sambungnya.

Tidak berselang lama, kurang lebih 3 anggota Polair bersama anggota Polsek Gumukmas datang ke lokasi penemuan bangkai Hiu Tutul.

“Kita menjaga bangkai hewan ini, agar tidak dijarah. Karena kan termasuk hewan dilindungi. Kita tunggu petugas dari BKSDA Jember,” kata salah seorang anggota Polairud yang enggan disebutkan namanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.