Komisi A Minta Baznas Optimalkan Bantuan Bagi Warga Kurang Mampu

by -476 Views
Wakil Ketua Komisi A Camelia Habiba.

SURABAYA, Wartagres.Com – Komisi A DPRD Surabaya menggelar rapat koordinasi bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Surabaya, Senin (10/10/2022).

Wakil Ketua Komisi A Camelia Habiba mengatakan, Komisi A mengundang rapat dengan Baznas kota Surabaya bertujuan untuk sinergitas dan saling mengenal terkait progam Baznas.

“Karena Baznas adalah lembaga pemerintahan non skruktural jadi Baznas adalah bagian dari pemerintahan,” ujar Camelia Habiba. ditemui usai rapat

Sejak SOTK dan Tata tertib (Tatib) yang baru, kata politisi PKB ini, komisi A yang bermitra dengan bagian pemerintahan di dalamnya ada bagian kesra.

“Otomatis Baznas merupakan mitra dari komisi A dan kami sangat mengapresiasi kinerja Baznas,” ucapnya.

Baznas, menurut politisi PKB ini, selama ini bisa menjadi solusi, ketika program – program yang tidak bisa diintervensi oleh pemerintah kota karena terkendala oleh regulasi maupun anggaran.

“Baznas bisa hadir ditengah tengah masyarakat untuk memberikan solusi contoh misalkan kegiatan progam bedah rumah,” terangnya.

Jika bedah rumah bersumber dari APBD Habiba menjelaskan, ada regulasi yang mewajibkan status tanah, namun untuk progam dari Baznas itu menurut ia, lebih fleksibel

“Cukup fakta integritas yang dikeluarkan oleh RT, RW dan Kelurahan sehingga masyarakat bisa mengakses progam progam itu,” tuturnya.

Cacatan komisi A kepada Baznas, kata Habiba berharap lebel Baznas lebih dioptimalkan programnya di tingkat bawah agar tidak berkembang, bahwa bantuan ini bukan dari kelurahan maupun kecamatan.

“Karena selain bertanggung jawab pada anggaran kepada pemerintah kota, Baznas juga harus tanggung jawab secara moril kepada orang yang memberikan atau menitipkan zakat dan shodakohnya,” tuturnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.