Ketoprak Plesiran Zona 4 Digelar di Alun-alun Bojonegoro, Hibur Masyarakat dan Bangkitkan Ekonomi

by -465 Views
Ketoprak Plesiran Zona 4 Digelar di Alun-alun Bojonegoro, Hibur Masyarakat dan Bangkitkan Ekonomi.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali menggelar Pentas Seni Ketoprak Plesiran Gentari Jagad di zona 4, Rabu (20/9/2023). Kali ini diadakan di Alun-alun Bojonegoro dengan tema “Jumeneng Nata”, dan menjadi malam puncak serangkaian Ketoprak Plesiran.

Pertunjukan seni ini dihadiri Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah bersama suami, Direktur PT Asri Dharma Sejahter (ADS), jajaran Asisten, Staf Alhi, kepala OPD, Camat dan warga Bojonegoro. Pada pagelaran Ketoprak Plesiran ini mengundang pelawak Gareng Semarang, Dodok Komet Bojonegoro, Gento, Nanto Lawak dan Konyil yang menambah kemeriahan malam puncak.

Dalam cerita Ketoprak Plesiran kali ini mengkisahkan tentang perjalanan Putri Gentari Jagad yang diperankan oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dari pegunungan Kendheng untuk mencari wahyu keprabon. Kemudian Putri Gentari menuju ke kerajaan Dwipa Negara tetapi dihadang oleh para musuh yang dipimpin Manca Praja.

Dengan bantuan para Nata Praja dari kerajaan-kerajaan sahabat, maka para perusuh negeri dapat ditumpas. Selanjutnya Putri Gentari Jagad dinobatkan menjadi ratu di Kerajaan Dwipa Negara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto, dalam sambutannya menjelaskan pada pagelaran Ketoprak Plesiran sebelumnya di zona 1 mengambil lakon Prahara Negara yang diadakan di Kecamatan Kedungadem. Lalu dilanjutkan zona 2 di Kecamatan Temayang mengambil lakon Sayembara Sudamala.

Sedang pada zona 3 digelar di Kecamatan Tambakrejo dengan mengambil lakon Mati Sajroning Urip. “Semoga dengan Ketoprak Plesiran ini dapat menghibur masyarakat dan sekaligus membangkitkan ekonomi kerakyatan kita semua,” kata Budiyanto.

No More Posts Available.

No more pages to load.