Pemkab Gelar Penyemayaman Api Abadi Kayangan Api, Simbol Doa untuk Keselamatan Warga Bojonegoro

by -486 Views
Pemkab Gelar Penyemayaman Api Abadi Kayangan Api, Simbol Doa untuk Keselamatan Warga Bojonegoro.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Prosesi penyemayaman api abadi Kayangan Api sebagai bagian dari rangkaian Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-346 dilakukan Kamis (19/10/2023) di pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro. Sebelumnya, pengambilan api abadi dilakukan Kades Sendangharjo didampingi juru kunci untuk diserahkan kepada Camat Ngasem dan diarak bersama Kepala Desa Se-Kecamatan Ngasem menuju Bojonegoro.

Sebelum dilakukan penyemayaman, api abadi diarak dari Bakorwil Bojonegoro yang dibawa Camat Ngasem yang kemudian diserahkan kepada Camat Bojonegoro dan selanjutnya diserahkan kepada Ketua DPRD Bojonegoro, Abdulloh Umar.

Setelah diarak, api abadi diserahkan kepada Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto didampingi Forkopimda untuk disemayamkan ke tungku api di Pendopo Malowopati Bojonegoro. Dilanjutkan dengan pengarakan 28 gunungan untuk gerebek berkah dari pendopo Malowopati ke alun-alun.

Secara terpisah, juru kunci Kayangan Api, Parlan mengungkapkan bahwa pengambilan api abadi di kayangan Api ini dilakukan tiap tahun. Prosesi itu memiliki filosofi agar Bojonegoro langgeng, tidak ada alang rintang dan masalah, serta untuk keselamatan warga Bojonegoro.

“Selain itu juga untuk menguri-uri budaya Jawa khususnya di Bojonegoro sendiri,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.