Peserta Forum Geopark Jatim Kunjungi Kayangan Api Bojonegoro, Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Wisata

by -498 Views
Kayangan Api.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Rangkaian kegiatan Forum Geopark Jawa Timur yang digelar di Kabupaten Bojonegoro terus berlanjut. Pada hari kedua, yakni Selasa (24/10/2023) rombongan dari berbagai daerah tersebut mengunjungi Kayangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem.

Kayangan Api merupakan salah satu geosite utama di Kabupaten Bojonegoro. Di sini, para peserta disambut langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Budiyanto. Para peserta diajak untuk melihat langsung keindahan api abadi dan sumber air blukutuk yang merupakan salah satu warisan Geopark di Bojonegoro.

Sekretariat Forum Sinergitas dan Harmonisasi Pengembangan Geopark Jatim, Nurareni mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian forum bersama para pengembang Geopark di Jawa Timur. Peserta merupakan perwakilan daerah yang memiliki Geopark di wilayah Jawa Timur.

“Diantaranya Geopark Ijen yaitu Banyuwangi dan Bondowoso; Geopark Bromo Tengger Semeru di Probolinggo, Lumajang, Pasuruan dan Malang. Kemudian Geopark Gunung Sewu yakni Pacitan dan lainnya yakni Bojonegoro, Gresik dan Tulungagung,” tuturnya.

Dari kegiatan ini diharapkan bisa memberikan gambaran kepada para pengelola aspiring Geopark terhadap pengelolaan sebuah geosite yang merupakan bagian sebuah Geopark khususnya dari sisi pengelolaan, kelembagaan dan sisi lainnya. Tujuan nantinya dapat menarik minat wisatawan.

Perlu diketahui, pasca covid-19 pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur tumbuh positif. Pada tahun 2023 tumbuh sebesar 5,24% dan melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,17%. Pertumbuhan ekonomi ini menjadikan Provinsi Jawa Timur meraih nilai tertinggi 2,66% dibandingkan wilayah provinsi lain di Pulau Jawa. Pengelolaan geopark diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan pariwisata di Jawa Timur.

Dalam kegiatan Forum Geopark Jawa Timur ini, Kabupaten Bojonegoro menjadi tuan rumah. Acara berlangsung mulai 23 Oktober lalu hingga 25 Oktober mendatang. Kegiatan ini bertema ‘Penguatan Rencana Program dalam Mendukung Percepatan Pengembangan dan Pengelolaan Geopark di Jawa Timur’. Rangkaian acara telah dimulai Senin (23/10/2023) dengan Forum Grup Discussion di Hotel Aston Bojonegoro.

No More Posts Available.

No more pages to load.