Giat Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa, PJ Bupati Harap Jadikan Inspirasi dan Kebanggaan bagi Masyarakat

by -353 Views
Giat Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa, PJ Bupati Harap Jadikan Inspirasi dan Kebanggaan bagi Masyarakat.
BOJONEGORO, Wartagres.Com – Opening Ceremony Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa yang di gelar oleh Pemkab Bojonegoro di buka langsung oleh PJ Gubernur Jawa Timur Adi Karyono, Rabu (5/6/2024) di Alun Alun Bojonegoro. Kegiatan pertama kalinya di Kabupaten Bojonegoro tersebut mengusung tema “Batikku Batikmu, Batik kita Semua” yang akan berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 5 sampai dengan 8 Juni 2024 di Alun alun Bojonegoro.
Adapun peserta Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa di ikuti 80 Stand oleh pengrajin batik dari Kab/Kota se Jawa Timur dan Jawa Tengah untuk mempromosikan dan memperkenalkan karya dari tiap daerah. Selain batik, tentunya berbagai produk UMKM juga turut meramaikan event tersebut. Mulai dari berbagai produk kerajinan kayu jati asli Bojonegoro, produk olahan khas Bojonegoro, dan kerajinan lain dari para pengrajin Bojonegoro, serta ada hiburan, Workshop, Sharing Session dan Fashion Show. Ada beberapa perlombaan juga, mulai dari Desain Ilustrasi Fashion, lomba menggambar batik.
Kegiatan Pameran Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa untuk meningkatkan daya ungkit ekonomi masyarakat berbasis ekonomi kreatif dan memperluas jangkauan pasar produk batik Bojonegoro khususnya dan batik daerah-daerah pada umumnya sebagai nilai penting dan strategis untuk membangun suatu wilayah. Pekan batik daerah budaya bangsa ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap produk dalam negeri khususnya batik sebagai warisan luhur budaya bangsa menumbuhkan inspirasi untuk menggali dan mengembangkan seni batik budaya bangsa khususnya di kabupaten Bojonegoro agar semakin maju dan kaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta menciptakan ajang promosi dan pemasaran bersama untuk produk batik khas daerah-daerah yang ada di nusantara dan menarik kunjungan wisata dan investor untuk menciptakan direct selling antara seller dan buyer serta mewujudkan iklim ekonomi yang kondusif yang berdampak pada pertumbuhan dan pengembangan produk unggulan daerah.
PJ Bupati Bojonegoro Adriyanto dalam sambutannya mengatakan Kegiatan ini Menjadikan Batik suatu kebanggaan dan tradisi warisan budaya khas di setiap daerah, selain itu animo pemuda Bojonegoro sangat tinggi terbukti dari setiap event para pemuda mengahasilkan karya karyanya yang berbeda. Dalam rangka bersama sama untuk mengembangkan potensi Batik ini kami mengundang dari daerah lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah.
“Harapan kami adanya kegiatan ini dapat mendorong dan memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat menjadikan batik adalah sebuah potensi bisa menjadikan kebanggaan dan identitas di setiap daerah.” Ungkap PJ.
PJ Gubernur Jawa Timur Adi Karyono dalam arahannya menyampaikan bahwa Sebuah terobosan baru dari PJ Bupati Bojonegoro dapat mengadakan Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa, Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang belum pernah di laksanakan dalam rangka mengungkit ekonomi Bojonegoro serta dapat melestarikan budaya Batik, kita di sambut dengan baik kegiatan yang luar biasa ini, batik bukanlah suatu hal yang asing lagi.
“Batik merupakan warisan budaya tak benda sehingga batik tidak menjadikan pemisah antar kehidupan sosial, justru dengan batik suatu pemersatu bangsa, sehingga setiap masyarakat dapat memakai Batik.” Terangnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.