Wabah Covid-19, Jasa Travel Umroh di Surabaya Merugi Hingga 75 persen

by -86 Views

Surabaya, Wartagres.com – Wabah Virus Corona atau Covid-19 hingga kini terus menghantui sejumlah negara di dunia, tak terkecuali negara Indonesia bahkan hingga Arab Saudi. Akibat virus yang mrmatikan ini perekonomian di setiap negara lumpuh termasuk juga Indonesia.

Salah satunya berdampak pada calon jamaah umroh maupun haji asal Indonesia. Seluruh calon jamaah umroh/ haji pun harus rela menunda keberangkatannya ke tanah suci mekkah untuk sementara waktu sampai wabah Virus Corona ini usai.

Secara tidak langsung juga berdampak pada pengelola jasa keberangkatan umroh/ haji yang ada di Jawa Timur khsususnya yang ada di Surabaya. Beberapa pengelola jasa travel umroh yang ada di Surabaya pun mengeluh, sebab mengalami penurunan omset hingga 75 persen.

Salah satu pengelola travel umroh/ haji di Surabaya, M. Ramli Saleh menyebutkan, bahwa dengan adanya wabah Virus Corona ini membuat pengelola jasa travel mengalami penurunan omset, di travel andalus sendiri mengalami penurunan omset hingga 75 persen.

Banyak calon jamaah umroh/ haji yang tertunda keberangkatannya, bahkan banyak masyarakat yang ingin mendaftar akhirnya terkendala.

“Banyak yang tertunda keberangkatan calon jamaah umroh/ haji dari travel saya yang gagal berangkat mas, jamaah yang berangkat dari travel saya seharusnya untuk ada 700 calon jamaah tapi belum berangkat,” Katanya saat dikantor travel andalus, Sabtu (4/3/2020).

M. Ramli Saleh menambahkan, pihaknya sudah komunikasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur. Selain itu, meski calon jamaah haji dari travelnya tertunda keberangkatannya, namun kantor travel andalus masih tetap buka.

“Ini dilakukan untuk komunikasi dan melayani calon jamaah umroh/ haji yang ingin bertanya,” tambahnya.

Dirinya berharap, wabah Covid-19 ini bisa segera selesai agar calon jamaah umroh/ haji bisa berangkat ke tanah suci MEKKAH untuk bisa melaksanakan ibadah di rumah Allah.

“Semoga setelah Virus Corona ini usai dan hilang, calon pendaftar umroh/ haji akan membludak di setiap jasa pemberangkatan travel umroh/ haji,” pungkasnya. (RDP)

No More Posts Available.

No more pages to load.