Kapolda Jatim Sarasehan Pemuliaan Nilai Tribrata Sambut Hari Bhayangkara ke 74 Tahun 2020

by -246 Views

MOJOKERTO, Wartagres.Com – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M,Si didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim dan Kabid humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menggelar Sarasehan Pemuliaan Nilai Tribrata di Pendopo Agung Trowulan Mojokerto, Kabupaten Mojokerto.

Sebelum memasuki Pendopo Agung, Kapolda Jatim beserta Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim disambut dengan tarian Mayang Rontek, tarian yang biasa sebagai ucapan selamat datang.

Sarasehan ini rangkaian hari Bhayangkara ke 74 Polda Jatim yang mengambil tema, “Dengan nilai – nilai Kaluhuran Bhayangkara kita Wujudkan Kantibmas yang kondusif masyarakat produktif”.

Dalam sambutannya, Kapolda Jatim menyebutkan, Patih Gajah Mada menjadi cikal bakal terbentuknya Kepolisian Negara Republik Indonesia yang pada zaman itu Polri dikenal dengan Prajurit Bhayangkara.

“Pada kesempatan pagi hari ini saya mengajak seluruh perwira Polda dan saya sendiri untuk Mari kita menghayati Mari kita memahami nilai-nilai keluhuran yang rela berkorban untuk bangsa dan negara untuk rakyatnya melindungi rakyatnya,” kata Kapolda Jatim saat berikan sambutan, Rabu, (24/6/2020).

Kapolda menambahkan, Pada zaman itu Polri adalah pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Patih Gajah Mada mudah-mudahan bisa kita resapi seiring dengan penjelasan sejarah panjang lahirnya Kerajaan Majapahit lahirnya nilai-nilai juang raja-raja Majapahit dan Patih Gajah Mada.

Pada zaman ini merupakan sesuatu yang saat ini sangat jarang kita lakukan, oleh sebab itu. Ketika saya mendapatkan masukan dari beberapa perwira untuk kita melakukan napak tilas di Trowulan untuk mengenang nilai-nilai Luhur nilai Tribrata yang diambil dari sejarah perjuangan Kerajaan Majapahit dan Patih Gajah Mada, tambahhya.

Sebentar lagi Polri akan genap berusia 74 tahun sebuah usia yang sudah tidak muda lagi dengan nilai-nilai keluhuran Bhayangkara yang lahir dan tumbuh dari kerajaan Majapahit. Kita wujudkan Kamtibmas yang kondusif dan masyarakat yang semakin produktif.

Setelah Sarasehan, Kapolda Jatim meninjau Petilasan Pati Gajah Mada bersama dengan Pejabat Utama Polda Jatim. Selain itu juga Bakti sosial penyerahan bantuan kepada masyarakat disekitar di Trowulan. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.