PSI Dorong Pengembangan Big Data Kesehatan Warga Surabaya

by -39 Views
Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, Alfian Limardi.

SURABAYA, Wartagres.Com – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan berbasis Smart City, Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, Alfian Limardi mendorong pemkot untuk mulai memikirkan pengembangan teknologi Big Data Kesehatan Warga Surabaya, terutama dalam aspek pengelolaan rekam medis dan rekam kesehatan.

“Pengembangan teknologi Big Data dapat dimulai dari pengelolaan data rekam medis dan rekam kesehatan seluruh masyarakat Kota Surabaya tanpa membedakan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan Non MBR. Pengelolaan data ini akan mencatat riwayat penyakit dan pengobatan pada jangka waktu tertentu, komunikasi antara dokter dan pemberi pelayanan kesehatan lain, serta memberi informasi kepada pemberi pelayanan kesehatan untuk pelayanan kesehatan berikutnya,” ucap Alfian, Legislator dari Fraksi PSI.

Alfian menambahkan saat ini pengelolaan rekam medis dan rekam kesehatan masih bersifat manual. Melihat kerumitan dan kompleksitas pengelolaan data ini, maka akan lebih baik apabila setiap puskesmas dan RSUD di Surabaya mulai mengembangkan pendataan elektronik yang terintegrasi.

“Dengan hadirnya rekam medis dan rekam kesehatan elektronik yang terintegrasi akan memudahkan dokter atau tenaga kesehatan menganalisa seluruh sejarah medis dari pasien dan membuat keputusan yang tepat untuk pengobatan pasien. Selanjutnya jika dokter puskesmas ingin memberikan rujukan pengobatan ke RSUD Kota Surabaya, dokter RSUD juga cukup membuka rekam medis dan rekam kesehatan elektronik yang telah diisi oleh dokter puskesmas,” ungkap Alfian.

Menurut Alfian, percepatan pengembangan teknologi Big Data untuk keperluan medis ini dapat dilaksanakan oleh Pemkot dengan membangun jejaring antara Diskominfo dan Dinkes. Mengingat dalam jangka panjang rekam medis dan rekam kesehatan elektronik yang terintegrasi ini akan bermanfaat bagi pemkot dalam mengambil langkah strategis kebijakan terhadap permasalahan kesehatan masyarakat Surabaya.

Rekam medis adalah berupa kumpulan dari fakta-fakta atau bukti keadaan pasien, riwayat penyakit dan pengobatan masa lalu serta saat ini yang ditulis oleh profesi kesehatan yang memberikan pelayanan pada pasien tersebut. Rekam kesehatan berupa data-data dari keadaan kesehatan individu yang mendapat pelayanan kesehatan yang meliputi data sosial pasien, catatan imunisasi, hasil pemeriksaan fisik sesuai dengan seluruh penyakit & pengobatan yang diperoleh selama mendapat pelayanan kesehatan. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.