Pemkot Surabaya Protes Kota Pahlawan Distatuskan PPKM Level 2

by -178 Views
Data milik Pemkot Surabaya.

SURABAYA, Wartagres.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memprotes keras karena ditetapkan PPKM Level 2 dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2022. Menurut pemkot, seharusnya Kota Pahlawan berstatus Level 1.

1. Klaim Surabaya Level 1 sejak 28 April, terkendala update data sejak Cuti Bersama

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, Surabaya sudah berada di Level 1 sejak 28 April 2022. Namun, data yang ada tidak lagi dapat diperbarui ketika masuk cuti bersama, yakni 29 April – 8 Mei 2022.

“Saat cuti bersama, kita tak bisa akses (website) PPKM Darurat Kemenkes (Kementerian Kesehatan),” ujarnya saat konferensi pers, Kamis (12/5/2022).

2. Pastikan tracing tetap dilakukan selama Cuti Bersama

Alhasil, kata Nanik, pemkot tidak bisa melakukan update data. Sehingga, tracing yang dilakukan petugas di lapangan. Padahal, tracing dilakukan bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Surabaya 1:31 selama cuti bersama.

“Posisinya (tracing) kosong tanggal 29 April – 7 Mei. Aplikasi ikut cuti,” kata dia. “Tanggal 8 Mei bisa tampil, posisi surabaya tracing nol. Posisinya Level 2,” Nanik menambahkan.

3. Kasus aktif tersisa 31 saja

Kendala akses website ini sebenarnya telah diteruskan Dinkes Surabaya ke Kemenkes. Namun, data yang tertera terlanjur diberikan ke Kemendagri sebagai dasar Inmendagri. Alhasil, Surabaya tetap ditetapkan PPKM Level 2 mulai 10 -23 Mei 2022.

“Mereka respons akan lakukan pengecekan. Tanggal 10 Mei, Inmendagri turun kita (Surabaya) Level 2. Hingga saat ini tanggal 12 Mei, Surabaya berada di Level 1 sesuai asesmen situasi COVID-19,” katanya.

Terkait data riil kasus COVID-19 di Kota Pahlawan, Nanik menyebut hanya tersisa 37 kasus aktif. Rinciannya, rawat inap delapan kasus, rawat jalan dengan kondisi ringan cukup isolasi mandiri ada 26 kasus. “Kalau harian di bawah 10,” pungkas dia. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.