Rawan Hepatitis, Kadinkes : Belum Ada Kasus di Surabaya

by -7 Views
ilustrasi.

SURABAYA, Wartagres.Com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Nanik Sukristina menegaskan masih belum ada temuan kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya (etiologi). Warga atau pasien yang dicurigai pun belum ada sama sekali di Kota Pahlawan.

“Belum ada kasus di Surabaya, kalau ada kejadian akan kita infokan, karena untuk menentukan diagnosa, tidak semudah itu,” ujarnya saat ditemui, Kamis (12/5/2022).

1. Pasien di RSUD dr. Soetomo Surabaya juga dipastikan bukan hepatitis akut misterius

Begitu pula, lanjut Nanik, pasien yang sedang dirawat di RSUD dr. Soetomo, Surabaya. Dinkes Surabaya telah mendapat konfirmasi dari Dinkes Jawa Timur (Jatim) bahwa tidak terkait hepatitis akut misterius. Akan tetapi mengidap sindroma jaundice alias kuning akut.

“Sudah konfirmasi Kepala Dinas (Kesehatan) Provinsi dalam observasi, tapi bukan (terkait hepatitis akut misterius),” kata dia.

2. Ajak lakukan pencegahan dengan PHBS

Selagi belum ada temuan, Nanik mengajak masyarakat yang berada di Kota Pahlawan untuk melakukan pencegahan dengan cara menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dia mengimbau supaya berhati-hati pada saat memilih makanan.

“Karena harus benar-benar makan yang tidak terkontaminasi,” ucap dia menambahkan.

3. Dinkes Jatim sebut masih nihil kasus hepatitis akut misterius

Sebelumnya, Kepala Dinkes Jatim, dr. Erwin Astha Triyono menegaskan bahwa kasus hepatitis akut misterius di wilayahnya masih nihil. Dugaan-dugaan yang ada, seperti tiga pasien di Sidoarjo dan satu pasien di Surabaya dipastikan bukan hepatitis akut misterius. Sedangkan pasien yang meninggal di Tulungagung yang juga dicurigai terjangkit, sampelnya masih diteliti di Jakarta. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.