Mencicipi Mie Paralon Khas Bojonegoro, Kreasi Sedap dari Ikan Patin dan Buah Melon

by -485 Views
Mencicipi Mie Paralon Khas Bojonegoro, Kreasi Sedap dari Ikan Patin dan Buah Melon.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Inovasi kuliner khas Bojonegoro yang maknyus dan sehat terus dikembangkan. Salah satunya adalah Mie Paralon (Pangsit Patin Buah Melon) hasil kreasi ibu-ibu dari Kecamatan Sumberrejo. Mie Paralon telah memenangi lomba memasak yang digelar Pemkab Bojonegoro.

Salah satu kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) Kecamatan Sumberrejo yang ikut melakukan proses inovasi Mie Paralon, Siti Muzayanah mengatakan olahan Mie Paralon ini diciptakan terinspirasi dari Mie Gacoan yang saat ini menjadi favorit masyarakat khusunya anak muda bahkan pembelianya hingga antri mengular.

“Karena di Kecamatan Sumberrejo khususnya bagian selatan banyak petani yang menanam buah melon, jadi saya kreasikan dan padupadankan dengan bahan lain sehingga menjadi mie,” jelasnya.

Sementara untuk ikan patin, menurut dia juga banyak ditemui di daerahnya. Bahkan warga sekeliling rumahnya banyak yang membudidayakan di kolam belakang rumahnya. Jadi semua bahan-bahan memang dari bahan yang sering ditemukan Sumberrejo.

“Kita pilih ikan patin juga karena bagus untuk gizi balita,” pungkasnya.

Inovasi Mie Paralon ini mendapat perhatian khusus Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah. Bupati Tak hanya itu, buah rimba/markisa hutan juga menarik perhatian publik, bahkan Bupati Anna memberi apresiasi khusus. Mie Paralon pun dipilih sebagi juara umum lomba memasak.

Bupati juga berpesan Kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) agar terus memperhatikan untuk dibudidayakan agar menjadi potensi wisata lokal.

No More Posts Available.

No more pages to load.