Gelar Halalbihalal, IMKD Dukung Program Bupati Bojonegoro

by -2262 Views
Bupati Bojonegoro saat menghadiri acara halalbihalal dengan Ikatan Mantan Kepala Desa (IMKD) di Bojonegoro.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Bupati Bojonegoro menghadiri acara halalbihalal dengan Ikatan Mantan Kepala Desa (IMKD) di Bojonegoro. Acara tersebut digelar di pelataran gedung Graha Buana, Minggu (30/4/2023).

Momen halalbihalal menjadi momen penting sebagai ajang silaturahmi. Selain Bupati Anna, hadir pula Kepala Dinas Kominfo, Bakesbangpol, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), dan anggota DPRD Jawa Timur Budiono, serta seluruh anggota IMKD.

Pada kegiatan halalbihalal ini, Bupati Bojonegoro menyalami seluruh anggota IMKD. Acara berlangsung meriah dan akrab. Apalagi, acara diakhiri dengan makan bersama.

Bupati Anna Muawanah dalam sambutannya mengatakan bahwa halalbihalal merupakan tradisi unik yang asli Indonesia. “Negara yang mayoritas muslim juga belum tentu melakukan tradisi halalbihalal,” ujar Bupati.

Ibu Pembangunan Bojonegoro ini juga menjelaskan, bahwa agama meminta untuk terus menyambung silaturahmi. Ada tiga ciri orang beriman, yakni menghormati tamu, saling silaturahmi, dan berbicara yang baik atau diam. Dan halalbihalal menjadi salah satu sarana silaturahmi. Selain itu halalbihalal ini juga wujud dari gotong royong dan toleransi.

“Indonesia sangat luar biasa, terutama dengan gotong royong melalui halalbihalal ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Anna memohon maaf karena acara halalbihalal yang seharusnya dilaksanakan Sabtu (29/4/2023) harus ditunda karena ada acara ke Makasar untuk menerima penghargaan sebagai pemerintah dengan kinerja terbaik tingkat nasional nomor 10.

Sebelumnya, pemkab Bojonegoro berada di 100 besar. Pada 2017 yang dilaporkan 2018, Bojonegoro masuk 50 besar. Pada tahun ini, 4 tahun berjalan Bojonegoro masuk 10 besar nasional. “Ini semua berkat kerjasama antara pemerintah dan masyarakat yang baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua IMKD Rusmijan mengatakan, halalbihalal antara IMKD dengan Bupati Bojonegoro ini baru pertama kali dilakukan. Harapannya bisa mempererat silaturahmi dan hubungan persaudaraan.

Sebagai mantan kepala desa wajib mendukung program dari bupati. Terlebih pernah menjabat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintah kabupaten (pemkab). Sehingga IMKD sepakat untuk mendukung program-program Bupati.

“Mengapresiasi program-program yang telah dilakukan oleh Bupati. Terutama di bidang infrastruktur,” ujarnya.

Ketua IMKD Ami Arlin menambahkan, terima kasih kepada Bupati Anna karena telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan IMKD. Harapannya, program pemkab bisa disinkronkan dengan IMKD. “Terlebih di bidang wirausaha, IMKD sangat berharap adanya kegiatan-kegiatan pelatihan,” imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.