Permudah Pelayanan untuk Masyarakat, Kini Polisi Hadir di Tiap RW

by -2112 Views
Foto bersama, petugas kelurahan, Bhabinkamtibmas, polisi RW, LPMK, Ketua RW.

SURABAYA, Wartagres.Com – Untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat dan membantu percepatan informasi, kini tiap RW dihadirkan polisi yang bertugas di tiap RW.

Salah satunya yang berada di daerah Tubanan Baru, Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Tandes, Surabaya.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Karangpoh, Aiptu Rosuli Amri Naim mengatakan, polisi RW ini adalah progam Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengetahui permasalahan warga lebih mendetail. Selain itu juga sebagai peredam gejolak warga ketika ada permasalahan ditingkat yang terkecil yaitu RT dan RW.

“Hadirnya polisi RW ini selain dapat membantu menyelesaikan permasalahan juga dapat memberikan sosialisasi tentang hukum,” ungkapnya, Jumat (5/5/2023).

Rosuli menambahkan, tujuan polisi RW ini juga bisa membackup bhabinkamtibmas untuk menyelesaiakan masalah yang ada dintingkat RT RW agar bisa lebih fokus.

“Jadi hadirnya polisi RW ini adalah bentuk solusi dari pimpinan kepada masyarakat sehingga masyarakat benar – benar dapat merasakan terayomi dan terlayani,” imbuhnya.

Sementara itu Aipda Harianto, Polisi RW 07 Tubanan Baru mengungkapkan, langkah pertama yang dilakukan yakni melakukan pendekatan dengan warga terutama tokoh masyarakat sekitar.

“Untuk selanjutnya kami akan melakukan diskusi dengan RT RW bserta jajaran untuk mengetahui keluhan dari warga,” ungkapnya.

Ketua RW 07 Tubanan Baru, Angga Tria Wardhana mengaku sangat mengapresiasi dengan adanya polisi yang ditugaskan khusus di tiap – tiap RW khususnya di RW 07 ini.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak kapolri yang telah memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga bisa lebih dekat dengan kepolisian bilamana ada permasalahan cukup diselesaikan di polisi RW yang akan nanti dilanjutkan di tingkat atas,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolrestabes Surabaya Kombespol Pasma Royce mengatakan, harapan dari terbentuknya Polisi RW ini, bisa benar-benar hadir di tengah masyarakat. Di mana penekanan Kapolri menjelang HUT Bhayangkara lebih di intensifkan kehadirannnya di tengah masyarakat.

“Kita ikatkan keharmonisan dan kedekatan kita dengan masyarakat. Pastikan kehadiran polisi bisa menjadi problem solving masyarakat di tingkat RW,” katanya.

Pasma menambahkan, dengan adanya konsep presisi dari Kapolri, yang mengedepankan untuk bagaimana membaca dan memprediksi terhadap sebuah persoalan dan bagaimana polisi meresponnya.

Seperti halnya di program Polisi RW anggota yang bertugas setiap permasalahan sosial jangan dibiarkan, bila perlu datangi rumahnya. Jika kepatuhan masyakarat terhadap orang tuanya tinggi, maka potensi kerawanan aksi kriminalitas dan kerawanan sosial akan bisa di reduksi.

“Jika sudah seperti itu maka tugas kita akan semakin ringan. Tidak perlu kita beratus-ratus orang patroli,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.