DP3AKB Bojonegoro Gelar Workshop Edukasi Gizi, Cegah Anemia pada Remaja

by -482 Views
DP3AKB Bojonegoro Gelar Workshop Edukasi Gizi, Cegah Anemia pada Remaja.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Bojonegoro mengadakan workshop Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Life Skill pada Remaja bagi Insan GenRe (Generasi Berencana) dan PIK (Pusat Informasi dan Konseling) remaja. Workshop digelar Senin (22/5/2023) di Ruang Utama Lantai 2 Gedung DP3AKB Bojonegooro.

Dalam kegiatan ini, DP3AKB menghadirkan perwakilan dari SMA/SMK/MAN wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera DP3AKB Bojonegoro, Supardi, dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan peserta tentang subtansi gizi dan pencegahan anemia pada remaja. Selain itu juga meningkatkan keterampilan peserta fasilitator untuk memberikan edukasi kepada teman sebaya tentang subtansi gizi dan pencegahan anemia.

“Juga menyusun rencana aksi daerah untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi dan pencegahan anemia pada remaja khususnya usia 15 tahun hingga 19 tahun,” kata Supardi.

Sementara itu, Kepala Dinas P3AKB, Heru Sugiharto menjelaskan bahwa life skill atau keterampilan hidup dapat mengubah perilaku dan mindset seseorang. Menurut dia, pelajar adalah agent of change yaitu individu atau kelompok yang mempromosikan perubahan dalam kelompok dan atau organisasi di masa akan datang.

Dalam usia remaja, berpikir dan berperilaku positif perlu dilatih. Pemkab, lanjut dia, mempunyai tugas pokok untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) mulai dari usia sebelum masa perkawinan hingga hamil melalui program KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) dalam pelayanan KB.

“Saya berpesan agar terus semangat khususnya dengan teknologi dan perkembangan zaman saat ini. Kalau dulu saya jalan kaki menuju sekolah dengan semangat, sekarang kalian bisa naik kendaraan semangatnya tidak boleh pudar sedikitpun,” ungkap Heru.

Acara workshop dilanjutkan dengan pengukuhan Duta GenRe oleh Dinas P3AKB dan dilanjutkan pemberian materi dari koordinator GenRe Provinsi Jatim serta koordinator GenRe Kabupaten Bojonegoro.

No More Posts Available.

No more pages to load.