Bapenda Bojonegoro Terus Berinovasi Dorong Kesadaran Masyarakat Bayar Pajak untuk Pembangunan

by -440 Views
Bapenda Bojonegoro Terus Berinovasi Dorong Kesadaran Masyarakat Bayar Pajak untuk Pembangunan.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Pemkab Bojonegoro melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus mengajak masyarakat untuk taat membayar pajak. Untuk itu, beberapa program telah diluncurkan sebagai upaya mendukung pembangunan Bojonegoro.

Sosialisasi program dilakukan Bapenda melalui SAPA! Malowopati FM edisi Jum’at (15/9/2023). Kegiatan ini menghadirkan narasumber Heru Martono, S.Kom (Kasubbid Pengelolaan Data dan Informasi), Fitri Damayanti, SE, MM (Kasubbid Perencanaan dan Pengembangan), dan Ima Agustina, S.Pd, M.Pd (Kasubbid Penetapan).

Program SAPA! Malowopati FM dapat diikuti secara live melalui YouTube Malowopati Radio dan interaksi langsung melalui nomor WhatsApp 08113322958.

Bapenda memiliki tanggung jawab penting dalam mengelola pajak untuk mendukung pembangunan dan pelayanan publik. Bapenda mengelola 11 macam pajak, meliputi sektor-sektor seperti hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, mineral bukan logam dan batuan, parkir, air tanah, sarang burung walet, PBB perdesaan dan perkotaan, serta BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan).

Menurut Ima Agustina, masyarakat perlu menyadari bahwa pajak yang mereka bayar akan menjadi investasi bagi pembangunan dan pelayanan. Nantinya akan dapat kembali lagi kepada masyarakat. “Perlu kita tingkatkan lagi kesadaran akan pentinya pajak daerah terutama di masyarakat,” ungkap Ima.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak, Bapenda Kabupaten Bojonegoro telah meluncurkan program bernama WAP (Warga Agen Pajak). Program ini ditujukan untuk pembayaran PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan).

Caranya pun mudah. Warga hanya perlu mengirimkan bukti pembayaran ke nomor WhatsApp Bapenda di 0812-4922-0588. Selain itu, warga juga diminta untuk mengirimkan foto KTP, serta menuliskan nama, alamat dan tahun pajak. Setiap warga yang berpartisipasi akan mendapatkan nomor undian yang akan diundi pada akhir tahun.

Melalui program WAP ini diharapkan adanya peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. “Program ini juga menjadi bentuk apresiasi dari Bapenda kepada warga yang telah patuh dalam memenuhi kewajibannya sebagai kontributor pembangunan daerah,” uangkap Fitri Damayanti.

Selain program WAP, Bapenda Bojonegoro juga memperkenalkan program Milenial Agen Pajak (MAP). Serupa dengan WAP, namun MAP digunakan oleh siswa atau pemuda yang membantu mengingatkan orangtuanya untuk membayar pajak dan melaporkannya. Program ini bertujuan untuk melibatkan generasi muda dalam meningkatkan kesadaran pajak. Nomor yang dapat dihubungi oleh MAP yaitu 0812-4922-0633.

Dampak positif pembayaran pajak telah terasa oleh masyarakat Bojonegoro. Dana pajak yang terkumpul telah digunakan dalam berbagai program pembangunan, seperti perbaikan jalan desa yang semakin ngelenyer, serta program-program beasiswa bagi masyarakat Bojonegoro.

Bapenda Kabupaten Bojonegoro, kata Heru Martono, terus berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengelolaan pajak, serta mengoptimalkan pendapatan daerah untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

No More Posts Available.

No more pages to load.