Komisi C : Soal PJU, Hak Warga Sudah Dipenuhi Oleh Pemkot Surabaya

by -2333 Views
Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Baktiono.

SURABAYA, Wartagres.Com – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melanjutkan pengecekan realisasi pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU).

Sebab, dia ingin memastikan bahwa usulan warga di tahun 2023 itu tersebut telah direalisasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

“Saya cek semuanya se-Surabaya, jadi saya harus berinteraksi dengan semua RW se-Surabaya untuk memastikan bahwa itu semua sudah terpasang. Karena wilayah manapun di Surabaya, semua RW sudah melakukan tanda tangan dengan saya,” kata Wali Kota Eri seusai meninjau realisasi pemasangan PJU di RW 08 Karang Rejo, Kelurahan Wonokromo, Kecamatan Wonokromo, Jumat (1/3/2024) malam.

Dihubungi terpisah, Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Baktiono mengatakan, PJU merupakan progam Pemkot Surabaya yang mana turut bertanggungjawab untuk memenuhi kewajiban Pemkot.

Mengapa, tambah Baktiono, karena warga juga sudah memenuhi kewajibannya dengan membayar 8% pajak penerangan jalan umum dari setiap meteran listrik rumah, baik pasca bayar maupun token.

“Jadi ini antara hak dan kewajiban, makanya Pemkot Surabaya 100% merealisasikan PJU dari usulan warga,” ujar Baktiono di Surabaya, Rabu (6/3/2024).

Ia menjelaskan, dari pengetahuannya selama ini bahwa tidak ada daerah manapun di Indonesia termasuk di Jatim dimana PJU terpasang hingga gang-gang perkampungan kota.

Padahal, jelas Baktiono, dirinya yakin masyarakat juga sudah membayar pajak, namun belum tentu wilayahnya segera di pasang PJU, berbeda dengan Kota Surabaya dimana ada PJU hingga ke gang-gang kecil. Artinya, 100 persen PJU terpasang semua.

Bahkan, tambah Baktiono, empat tahun lalu JPU dari mercury, sekarang di bawah kepemimpinan Eri Cahyadi JPU dipasang dengan hemat energi memakai LED.

“Dengan JPU berbasis LED, Pemkot Surabaya bisa efisensi bayar rekening listrik hingga 60% kan cukup bagus ini,” tegas Baktiono yang diprediksi kembali menjadi anggota dewan periode 2024-2029 dari PDIP ini.

Ia kembali mengatakan, usulan warga di 2023 akan segera direalisasikan oleh Pemkot Surabaya di tahun 2024 ini.

“Termasuk paving dan saluran yang ditargetkan Mei tahun ini segera di pasang,” pungkas Baktiono.

No More Posts Available.

No more pages to load.