Komisi D Dorong Satpol PP Gencar Lakukan Patroli 

by -674 Views
Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya Ajeng Wira Wati.

SURABAYA, Wartagres.Com – Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Ajeng Wira Wati, menekankan pentingnya langkah-langkah pencegahan kriminalitas anak muda di Kota Pahlawan. Hal ini lantaran petugas Satpol PP Surabaya seringkali mendapati aksi kenakalan remaja, terutama saat bulan Ramadan.

Dalam pernyataannya, Ajeng Wira Wati mendorong supaya patroli keamanan di wilayah Surabaya di lakukan secara merata. Bahkan, bila di perlukan para petugas dapat menutup jalan untuk mengantisipasi potensi keramaian yang berujung pada tindakan kriminal.

“Terutama mengingat bulan ini banyak libur sekolah, sehingga orang tua dan dewasa di lingkungan sekitar di harapkan dapat meningkatkan sosialisasi kepada anak-anak, termasuk aturan tidak boleh berkeliaran di atas jam 9 malam tanpa pengawasan orang tua,” ungkap Ajeng saat di konfirmasi, Selasa (19/3/2024).

Menurutnya, peningkatan sosialisasi kepada anak-anak untuk tetap di rumah setelah jam 9 malam tidak bisa di anggap sepele. Sebab, jam malam di Surabaya ini masih banyak warga kota yang mencari nafkah.

“Orang tua dan dewasa di lingkungan sekitar harus turut berperan aktif dalam menjaga keamanan anak-anak,” ujar Ajeng.

Sosok pemerhati sosial ini juga menekankan pentingnya kerja sama antara masyarakat dengan pihak kepolisian dan Pemkot Surabaya. Hal ini dapat di lakukan dengan menghubungi nomor darurat 112 atau call center yang tersedia, jika terjadi kejadian atau keramaian yang mencurigakan di kalangan anak muda.

“Masyarakat juga bisa membantu meningkatkan keamanan dengan menjadi mata di wilayah masing-masing,” kata Ajeng.

Selain itu, Ajeng juga meminta kepolisian setempat, khususnya di kawasan Surabaya Utara, untuk meningkatkan kegiatan patroli di tempat-tempat yang rawan terjadi kasus kriminalitas, seperti yang sering terjadi sebelumnya.

Kegiatan yang Lebih Bermanfaat

“Saya sarankan untuk lebih menggiatkan kegiatan positif bagi anak-anak, misalnya dengan memanfaatkan balai RW agar lebih ramah terhadap anak-anak. Balai-balaian tersebut juga bisa di manfaatkan untuk kegiatan belajar dan pengajian,” tambahnya.

Dengan langkah-langkah preventif ini, dirinya berharap supaya angka kriminalitas yang melibatkan anak muda di Surabaya dapat di tekan.

“Selain itu juga dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat,” pungkas Ajeng.

No More Posts Available.

No more pages to load.