Kemenkumham Jatim Pulangkan 159 WBP dari Lapas

by -2703 Views

Surabaya, Wartagres.com – Salah satu warga binaan pemasyarakatan (WBP) inisial S-U tak bisa menyembunyikan kebahagiannya ketika dinyatakan bisa mengikuti program asimilasi di rumah mulai hari ini (3/4/2020).

Warga Gresik ini termasuk satu di antara 34 WBP Lapas Kelas I Surabaya yang pulang hari ini. Namun, di saat rekan-rekannya yang lain dijemput keluarganya, kakek 74 tahun itu masih bingung mencari keluarga yang bisa dihubungi.

Kondisi ini membuat petugas lapas bergerak cepat, petugas pun mengantar S-U sampai ke rumahnya. Tak mudah mencari keluarga S-U di sebuah desa di Gresik. Pasalnya, banyak anggota keluarganya yang sudah meninggal termasuk istrinya yang sudah tiada.

Pihak lapas klas I surabaya berkoordinasi dengan anggota polsek setempat, pihak lapas akhirnya mempertemukan S-U dengan keluarganya. “Alhamdulillah, sekitar pukul 17.00 atau setelah 4 jam mencari, akhirnya kami bertemu anak pertama dari S-U, yaitu WA,” ujar Bambang Sugianto, Kasi Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Kelas I Surabaya.

W-A pun terlihat cukup terkejut dengan kedatangan pihak lapas. Apalagi melihat ayahnya yang sudah kesulitan berjalan. Beberapa anggota keluarga nampak terharu dan menitikkan air mata. Selama ini, W-A mengaku dirinya hilang kontak dengan ayahnya semenjak ayahnya dipindah ke Lapas Porong.

Meski begitu, Bambang melanjutkan bahwa pihaknya masih akan memantau keberadaan S-U, dia meminta bantuan keluarga agar memastikan S-U tetap berada di rumah. “Jika melanggar, akan kami jemput dan kembalikan ke bloknya di Porong,” tutur Bambang.

Perlu diketahui bahwa hingga sore ini, tercatat 2.433 WBP di Jatim yang telah mendapatkan hak asimilasi dan integrasi. Di Lapas Surabaya sendiri telah ‘merumahkan’ 61 WBP. “Kami akan memastikan bahwa seluruh pelayanan kami berjalan dengan baik dan tidak ada pungli,” tegas Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono. (RDP)

Berikut total WBP yang mendapatkan Hak Asimilasi dan Integrasi hingga (3/4/2020) :
Lapas Kelas I Surabaya (Porong) = 61 Orang
Rutan Kelas I Surabaya (Medaeng) = 62 Orang
Rutan Perempuan Surabaya = 36 Orang

No More Posts Available.

No more pages to load.