Desa Bolorejo Tulungagung Ciptakan Aplikasi Berbasis Online yang Langsung Terkoneksi Command Center

by -14 Views

TULUNGAGUNG, Wartagres.Com – Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran tinjau Kampung Tangguh bersama sama Forkopimda Propinsi Jatim Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Panglima Kodam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, Minggu (7/6/2020).

Kampung Tangguh Semeru ini satu satunya yg memiliki pos Digital saat memasuki area Desa Bolorejo dengan One Gate System. Selain itu Kampung Tangguh di Desa Bolorejo ini dilengkapi dengan kesediaan pangan dan juga akat pelindung diri (APD).

Tak lupa juga selalu menerapkan Protokol Kesehatan yakni dengan cara menggunakan masker, cuci tangan dengan menerapkan Physical Distancing dan juga tersedianya bilik Disinfektan. Selain itu juga disiapka ruang Isolasi di Rusunawa.

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia dalam hal ini memberikan gambaran kondisi awal Kampung Tangguh Semeru Ke Kapolda Jatim serta Forkopimda Jatim yang meninjau Kampung Tangguh di desa Bolorejo Tulungagung.

“Kondisi desa Bolorejo terkait Covid19, awalnya data masyarakat yang terkonfirmasi yaitu, 112 Orang Dalam Pantauan (ODP), 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 2 orang diantaranya yakni anak kepala desa dan kepala puskesmas, namun untuk saat ini sudah nihil atau Zero,” kata Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, (7/6/2020).

Selain itu, Kampung Tangguh di Desa Bolorejo ini juga dilengkapi dengan Aplikasi yang terkoneksi dengan Command Center. Aplikasi ini bermanfaat memberikan respons setiap laporan masyarakat terkait dengan Covid19. Serta berbasis pelayanan masyarakat berupa konsultasi Kesehatan, pelayanan dan tombol Panic Button, apabila ada situasi keamanan yg membutuhkan respon bantuan kepolisian.

“Iya kita lengkapi Kampung Tangguh Semeru ini dengan Aplikasi yang terkoneksi langsung dengan Command Center, yang nantinya berfungsi sebagai bentuk pelayanan Kepolisian kepada Masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu Kapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran dalam sambutannya menyebutkan, bahwa Kapolda Jatim memberikan Apresiasi serta respon positif terkait Swadaya Kampung Tangguh Semeru yang ada di desa Bolorejo Tulungagung.

Dimana Konsepnya tidak mematikan kreatifitas masing – masing wilayah. Dan yang penting substansinya adalah mengatasi persoalan Covid19 maupun masalah sosial lainnya. Serta hidup sehat dan produktif, dan harus tetap mensosialisasikan pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Protokol Kesehatan menghadapi The New Normal.

Dalam konsep Kampung Tangguh Semeru berbasis pada Problem Oriented Policing, dan ada 3 sektor yang akan dikembangkan yakni, sektor Pemukiman/Perumahan, sektor Tempat Aktifitas dan Sektor Area Publik, pada kawasan area publik seperti transportasi dan terminal kedepannya para pekerja di sektor transportasi seperti Sopir angkutan umum dan Ojek bisa diberdayakan sebagai duta atau agen Pendisiplinan Protokol kesehatan pada masa New Normal kedepannya.

Selain itu Kapolda Jatim dan Forkopimda Jatim meninjau Peresmian Pos Digital Astuti, Omah 3 Pilar Astuti Desa Bolorejo, Rumah Singgah Kampung Tangguh, Bank sampah Kampung Tangguh, Lumbung Pangan Kampung Tangguh, Pos Pemulasara Jenazah dan Gali Kubur, Pos siaga bencana, Posko Pintu masuk Kampung Tangguh Desa Bolorejo Kecamatan Kauman. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.