Kapolda Jatim Pimpin Langsung Rapat Koordinasi Ops Mantap Praja Semeru 2020 Dalam Rangka Pilkada Serentak di Jatim

by -268 Views
Rapat Koordinasi Operasi Mantap Praja Semeru 2020, dalam rangka Pilkada Serentak di Jawa Timur, Senin (31/8/2020).

SURABAYA, Wartagres.Com – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran, M.Si Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, bersama pejabat utama (PJU) Polda Jatim dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, hari ini Senin (31/8/2020) di Hotel Bumi Surabaya, menggelar Rapat Koordinasi Operasi Mantap Praja Semeru 2020, dalam rangka Pilkada Serentak di Jawa Timur.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Kejati Jawa Timur, Penyelenggara pemilu, Bawaslu dan KPU serta perwakilan Partai politik (parpol).

Dalam sambutannya, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran, M.Si menyampaikan, Selain menangani Covid-19, serta pemulihan ekonomi, juga dihadapkan pilkada serentak di Jatim. Dibutuhkan profesionalisme, integritas, serta kosistensi dan kewaspadaan tinggi agar bisa melaksanakan dengan baik.

Konsolidasi awal pilkada serentak di jatim nantinya bisa berjalan aman, damai dan sejuk. Pilkada ini dilaksanakan di Pandemi Covid-19, bagaimana partisipasinya tinggi namun protokol kesehatan bisa diterapkan secara maksimal.

“Hari ini kita gelar rapat koordinasi awal pilkada serentak bersama Gubernur, Pangdam V Brawijaya dan Penyelenggara Pemilu. Sehingga pilkada serentak di Jatim bisa berjalan damai, aman dan sejuk,” kata Kapolda Jatim, saat membuka Rapat Koordinasi Ops Mantap Praja Semeru 2020, Senin pagi (31/8/2020).

Situasi saat ini Jawa Timur sudah sangat aman dan kondusif, muda mudahan dengan konsolidasi ini tahapan pilkada serentak di jatim bisa berjalan dengan baik dan berkualitas dan melahirkan pimpinan yang juga berkualitas.

Polri siap menghadapi pengamanan pilkada jatim. Dalam pelaksanaan pilkada kapolres melaksanakan koordinasi bersama dengan TNI.

Junjung tinggi netralitas karena netralitas TNI/Polri menjadi harga mati. Serta melaksanakan tugas sebaik mungkin, pelajari indeks kerawanan dinamika melaksanakan antisipasi kerawanan bersama. Terapkan pilkada serentak dengan Physical Distancing, maksimalkan kampung tangguh semeru.

Pahami cara cara menangani Covid-19, sinergitas TNI/Polri, Pemerintah, pengawas penyelenggara pemilu nantinya bisa mewujudkan pilkada damai, dan jawa timur semakin sejahtera.

Sementara itu Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, saat hadir dalam rapat koordinasi Operasi Mantap Praja Semeru 2020, dalam rangka Pilkada Serentak di Jawa Timur.

Pihaknya meminta kepada seluruh jajaran mulai dari Kodim dan Koramil, jika ada perbantuan harus mengetahui peta kerawanan dan memetakan kerawan di pilkada serentak di jatim. Dandim dan Kapolres harus koordinasi sehingga konflik yang terjadi disuatu daerah akan cepat terselesaikan.

“Saya minta kepada seluruh Dandim dan Danramil untuk selalu melakukan koordinasi dengan Kapolres saat Pilkada serentak di Jatim. Agar situasi dan kondisi pilkada bisa berjalan aman dan sejahtera,” ucap Pangdam V Brawijaya, saat diatas podium.

Lebih jauh Pangdam menjelaskan, TNI siap membantu pengamanan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Jika diminta perbantuan oleh Polda Jatim maupun Polrestabes/ ta di Jatim.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, bahwa Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 tahun ini berlangsung ditengah Pandemi Covid-19. Sehingga pihaknya meminta agar Tim Gugus Tugas harus mengupdate kondisi dan situasi di Kabupaten/ kota yang melaksanakan pilkada serentak di jatim.

“Pilkada saat ini dilangsungkan di tengah pandemi covid-19, sehingga saya berharap tim gugus tugas bisa terus mengupdate data covid-19 di setiap daerah, khusunya di wilayah yang akan melangsungkan pilkadan9 Desember 2020,” ucap Khofifah, dalam sambutannya. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.