DPRD Dorong Tingkatkan Aktualisasi dan Kirim Pendongeng Bantu Korban Semeru

by -39 Views
Anggota Komisi A, Fatkhur Rohman melakukan rapat dengan Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan Dani Arijanti.

SURABAYA, Wartagres.Com – Tidak ada anak yang tak suka Dongeng. Dongeng selalu menjadi bagian penting dari proses tumbuh kembang anak. Itulah kenapa, Dinas Perpusatakan dan Kearsipan Pemerintah Kota Surabaya memiliki sebuah program unik yaitu Lomba Mendongeng.

Selain ada sisi adu kompetensi, Lomba mendongeng juga menjadi sarana menghibur anak-anak dan bisa digunakan untuk penyampaian pesan-pesan moral kepada mereka.

“Untuk tingkat Surabaya, di 2021 ini, lomba diikuti oleh 269 peserta, kemudian kita ambil 40 besar dan kemudian kita saring lagi menjadi 10 besar”, tutur Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan. Dani Arijanti, SE MM dalam Rapat Evaluasi Kegiatan Lomba Bertutur 2021 bersama Komisi A DPRD Kota Surabaya, Kamis, 9 Desember 2021.

Masih menurut Dani, Pemerintah Kota juga bekerjasama dengan Komunitas Kumpul Dongeng Surabaya, dalam rangka memberikan ruang bagi anak-anak yang ingin belajar mendongeng, ini seiring degan tujuan awal komunitas, sebagai mana disampaikan bu Inge Ariani Safitri selaku koordinator Komunitas, yaitu mengembalikan dongeng ke rumah-rumah sekaligus membuat dongeng semakin dicintai anak-anak.

Dalam rangka Evaluasi Program, Fatkur Rohman, anggota Komisi A menyampaikan bahwa alangkah baiknya ada aktualisasi, yang difasilitasi oleh pemerintah kota, bagi anak-anak yang sudah mengikuti lomba, baik yang menang ataupun tidak menang.

“Aktualisasi itu bisa berupa pengembangan bakat mereka, misal bisa ditampilkan menjadi ambasador di beberapa acara pemkot atau bahkan bisa dikirim ke Semeru untuk menghibur dan edukasi anak-anak korban bencana, bisa disampaikan ke pimpinan”, papar Fatkur.

Fatkur juga berharap agar Dinas Perpusatakan dan kearsipan juga bisa memfasilitasi mereka para anak-anak peserta lomba untuk mengembangkan diri dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sedang trend.

“Di era Digital begini, alangkah baik jika anak-anak ini bisa dibekali atau di link kan dengan entrepreneur digital marketing. Mereka bisa punya Channel Youtube misalnya, dengan bakat unik mendongeng mereka bisa viral, bermanfaat bagi sesamanya dan bahkan bisa untuk sumber penghasilan ke depan mereka”, pungkas Fatkur Rohman, Wakil Ketua Fraksi PKS Kota Surabaya ini. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.