Dampak Erupsi Gunung Raung Tiga Kecamatan di Jember Diterpa Debu Vulkanik

by -332 Views
Kepala BPBD Jember, Sigit Akbari saat dikonfirmasi di Mako Pusdalops.

Kepala BPBD Jember, Sigit Akbari saat dikonfirmasi di Mako Pusdalops.

JEMBER, Wartagres.Com – Menurut informasi yang dihimpun oleh BPBD Jember terkait dampak dari erupsi Gunung Raung. Untuk wilayah Jember, memberikan dampak debu vulkanik di tiga kecamatan di Jember.

Diantaranya wilayah Kecamatan Ledokombo, Sumberjambe, dan Sukowono.

Kepala BPBD Jember Sigit Akbari mengatakan, untuk meminimalisir dampak dari debu vulkanik. TRC BPBD Jember selain melakukan pemantauan, dan dilanjutkan kegiatan siaga bencana.

Juga dilanjutkan dengan kegiatan pembagian masker kepada masyarakat.

“Terkait pembagian masker, karena dari informasi yang kita terima. Masyarakat merasa perih di mata dan pernapasan terganggu. Terutama yang mengendarai motor. Sehingga kita membagikan masker gratis bagi warga,” ujar Sigit saat dikonfirmasi di mako Pusdalops, Kamis (28/7/2022).

Terkait pembagian masker yang dilakukan TRC BPBD Jember, kata Sigit, juga disambung dengan kegiatan sosialisasi, dan pemberian informasi soal dampak dari Abu Vulkanik Gunung Raung.

“Kami himbau masyarakat untuk tetap siaga. Juga sebagai langkah antisipasi untuk memakai masker. Karena dari data yang kami terima, seandainya terjadi erupsi lagi kemungkinan akan sering mengarah ke arah barat (Jember),” ujarnya.

Sehingga pihaknya menghimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu.

“Agar abu vulkanik tidak berdampak pada pernapasan. Juga tidak keluar rumah dulu, jika tidak terlalu penting. Kalaupun keluar, untuk memakai masker. Kamu himbau masyarakat juta tetap siaga. Sebagai langkah antisipasi bencana,” tegasnya.

Sigit menambahkan, untuk erupsi di Gunung Raung hingga saat ini masih terdata tetap terjadi.

“Untuk erupsi, informasinya masih terjadi kecil-kecil, tetapi puncaknya kemarin pukul 17.19 WIB, atau sore hari selama 9 menit itu,” ucapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.