Ini Cara Wali Kota Surabaya Ajak Masyarakat Semarakkan Peringatan HUT ke – 77 Kemerdekaan RI!

by -550 Views
Masyarakat antusias ikuti perlombaan panjat pinang.

SURABAYA, Wartagres.Com -Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya mengajak seluruh masyarakat Kota Pahlawan untuk berpartisipasi dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Karenanya, masyarakat diimbau untuk ikut menyemarakan berbagai kegiatan perlombaan yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Yaitu, masyarakat Kota Pahlawan bisa menyaksikan pelbagai kegiatan perlombaan yang digelar oleh Pemkot Surabaya, mulai 9 – 25 Agustus 2022.

“Ada dua kategori perlombaan, pertama untuk kalangan internal OPD atau seluruh instansi di lingkungan Pemkot Surabaya. Pada 9 – 15 Agustus 2022 digelar Lomba Bola Voli Campuran di Gelora Pancasila, dan 10 – 12 Agustus 2022 digelar Lomba Tenis Meja di Lantai 3 Ruangan Serbaguna,” kata Kepala Disbudporapar, Wiwiek Widayati, Selasa (9/8/2022).

Selanjutnya, pada 12 – 13 Agustus 2022 dilaksanakan lomba Hadang Putri, Panjat Pinang dengan tersedia 1 pohon, Estafet Tradisional, dan Gebuk Bantal di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Sisi Selatan, Jalan Pantai Kenjeran Kota Surabaya.

Untuk kegiatan tersebut, masyarakat bisa menyaksikan perlombaan Panjat Panjat Pinang dan Gebuk Bantal. Sebab, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi akan ikut bertanding melawan Forkompinda Kota Surabaya.

“Masyarakat bisa ikut meramaikan kegiatan peringatan HUT ke – 77 RI dengan menyaksikan berbagai perlombaan tersebut. Apalagi, Wali Kota Eri Cahyadi juga akan mengikuti kegiatan tersebut. Kemudian, pada 13 – 14 Agustus juga akan ada Lomba Perahu Layar,” kata ujar dia.

Wiwiek menjelaskan, untuk Lomba Perahu Layar akan dimulai pukul 08.00 WIB, dengan 50 perahu yang ikut meramaikan kegiatan tersebut. Masyarakat Kota Surabaya bisa menyaksikan kegiatan tersebut di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Sisi Utara, Jalan Pantai Kenjeran Kota Surabaya.

“Kategori kedua adalah perlombaan untuk masyarakat, dimana peserta lomba Perahu Layar merupakan para nelayan sekitar yang akan beradu dalam kecepatan. Serta bersaing dalam keindahan atau kreativitas menghias Perahu Layar.

Menurut Wiwiek, dari sisi pariwisata, lomba Perahu Layar merupakan salah satu kegiatan untuk menguatkan keberadaan para nelayan. Sebab, ketika mereka tidak melakukan aktivitas berlayar, mereka juga bisa mengerjakan komoditas wisata melalui lomba Perahu Layar.

“Kita menggunakan perahu tradisional dengan menghias perahu dan layarnya, dengan didominasi oleh aksesoris berwarna merah – putih,” terang dia.

Tak hanya itu saja, pada 14 Agustus 2022, Pemkot Surabaya akan Melaunching Lomba Film pukul 10.00 WIB di Komplek Balai Pemuda di Gedung Balai Budaya Kota Surabaya. Kemudian, pada 15 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB juga akan digelar nonton film bareng (nobar) Film Koesno bersama Wali Kota Surabaya.

“Masyarakat Surabaya akan menyaksikan film Koesno yang berkisah tentang perjalanan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) saat menempuh pendidikan di Kota Surabaya,” kata dia.

Lebih lanjut, Wiwiek mengungkapkan bahwa kegiatan nobar Film Koesno bersama Wali Kota Eri Cahyadi akan sangat dinantikan oleh masyarakat Kota Surabaya. Karena, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu menjadi pemeran tokoh Bung Karno sewaktu dewasa.

“Ditanggal yang sama, yakni 15 Agustus 2022 juga akan digelar kembali fashion show di Komplek Balai Pemuda dengan tema busana Perjuangan,” ungkap dia.

Terakhir, pada 24 Agustus 2022 akan digelar launching Pameran Surabaya Great Expo (SGE) di Grand City Convention and Expo Kota Surabaya. “Semua kegiatan ini adalah untuk meramaikan HUT ke – 77 RI,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M. Fikser mengatakan, bahwa Wali Kota Eri Cahyadi mengajak masyarakat Kota Pahlawan untuk menyaksikan Film Koesno di Komplek Balai Pemuda di Gedung Balai Budaya pukul 15.00 WIB.

“Pemkot Surabaya melalui Disbudporapar Kota Surabaya memiliki banyak agenda menarik dalam rangkaian HUT ke 77 Kemerdekaan RI, salah satunya adalah mengajak masyarakat untuk menyaksikan Film Koesno bersama Wali Kota Eri Cahyadi,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.