Peringati HUT RI, Pemkot Gelar Lomba Perahu Layar Piala Wali Kota Surabaya di THP Kenjeran

by -386 Views
Poster.

SURABAYA, Wartagres.Com – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak masyarakat untuk datang menyemarakkan pesta rakyat sekaligus Lomba Perahu Layar di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, Sabtu (13/8/2022).

Lomba Perahu Layar Piala Wali Kota Surabaya tersebut, menjadi salah satu rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Kota Pahlawan.

“Tanggal 13 Agustus 2022, ada lomba perahu layar piala wali kota. Sekaligus di THP Kenjeran, ada lomba panjat pinang, gebuk bantal,” kata Wali Kota Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya Rabu (10/8/2022).

Oleh karena itu, Wali Kota Eri Cahyadi mengundang seluruh masyarakat untuk hadir menyemarakkan lomba di THP Kenjeran. Warga dapat hadir di sana dengan mengajak sanak keluarga dan bersifat gratis. Baginya, kegiatan ini merupakan pesta rakyat Surabaya dalam menyambut Kemerdekaan Indonesia.

“Kami mengundang seluruh warga Surabaya untuk datang. Saya berharap banyak warga Surabaya yang hadir di sana (THP Kenjeran), karena itu adalah final yang dilakukan PD (Perangkat Daerah), Forkopimda sekaligus diadakan Lomba Perahu Layar Piala Wali Kota,” terangnya.

Dengan adanya Lomba Perahu Layar Piala Wali Kota Surabaya, dia berharap, semangat gotong-royong dan kebersamaan di Kota Pahlawan dapat terus terjaga. Baginya, semangat Kemerdekaan di Surabaya harus terus membara dan tidak boleh pudar.

“Ayo warga Surabaya datang ke Kenjeran, kita rayakan Kemerdekaan ini bersama. Karena perayaan kemerdekaan sebenarnya semangatnya yang kita ambil. Semangat gotong-royong, semangat kebersamaan ini tidak boleh pudar dan harus tetap terjaga,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudporapar) Surabaya, Wiwiek Widayati menyatakan, Lomba Perahu Layar Piala Wali Kota Surabaya bakal diikuti sekitar 50 peserta dari nelayan sekitar.

“Lomba Perahu Layar di Pantai Kenjeran diikuti para nelayan. Kurang lebih ada sekitar 50 perahu yang akan bergabung,” kata Wiwiek.

Menurut Wiwiek, Lomba Perahu Layar tersebut, juga menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam menguatkan keberadaan para nelayan. Dengan demikian, selain aktivitas mencari ikan, para nelayan juga terlibat aktif menggerakkan sektor pariwisata di Kota Surabaya.

“Jadi ini kita lihatnya dari sisi pariwisata. Sehingga ketika dia tidak melakukan aktivitas nelayannya, dia juga bisa terlibat dalam kegiatan pariwisata melalui kegiatan festival Lomba Perahu Layar,” ujarnya.

Menariknya, para peserta Lomba Perahu Layar tersebut, masih menggunakan jenis perahu-perahu tradisional. Para peserta ini akan menghias perahu dengan berbagai aksesoris menarik dan unik dengan dominan warna merah putih.

“Jadi yang menarik itu peserta menggunakan perahu-perahu masih tradisional dan itu dihias dengan layar-layar. Kebetulan berkaitan dengan kemerdekaan, maka dominan warna merah putih yang akan menjadi hiasan-hiasan aksesorisnya,” ungkap dia.

Ia menyatakan, bahwa Lomba Perahu Layar juga menjadi bagian dari upaya Pemkot Surabaya dalam memantik daya tarik wisata. Sehingga hal ini diharapkan dapat mendatangkan wisatawan untuk datang.

“Itu menjadi salah satu bagian yang kita jual sebagai daya tarik wisata. Jadi kategorinya banyak, ada kecepatan perahu menuju finish, hingga kemampuan membuat penampilan dari sisi seni hias perahu,” imbuhnya.

Di samping perahu layar, Wiwiek menyebut, di waktu dan tempat yang sama pula Pemkot Surabaya juga mengadakan sejumlah lomba lain. Di antaranya, Lomba Estafet Tradisional, Lomba Gobak Sodor Putri, Lomba Gebuk Bantal, Lomba Tarik Tambang, dan Lomba Panjat Pinang.

“Lokasinya juga di THP Kenjeran, ada lomba gebuk bantal, panjat pinang dan sebagainya. Lomba ini diikuti antar PD di lingkungan pemkot,” pungkas dia.

No More Posts Available.

No more pages to load.