Semarak Upacara HUT ke-77 RI di Balai Kota Surabaya, Diiringi Lagu Perjuangan dan Daerah

by -359 Views
Pengibaran bendera sang merah putih di Balai Kota Surabaya.

SURABAYA, Wartagres.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI). Upacara yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB tersebut, berlangsung dengan khidmat di halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (17/8/2022).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Surabaya, Rini Indriyani, bertindak sebagai inspektur upacara. Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji bersama istrinya.

Tak hanya itu, upacara di balai kota juga dihadiri langsung Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya beserta sejumlah tamu undangan kehormatan. Mulai dari para Konsulat Jenderal (Konjen), veteran, atlet berprestasi, pelajar hingga masyarakat.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, upacara peringatan HUT ke-77 RI di Balai Kota Surabaya semangatnya terlihat lebih membara. Dimana sebagian besar peserta upacara yang hadir merupakan warga Kota Surabaya.

“Semangatnya terasa betul, dimana dalam upacara ini, lagu-lagu perjuangan, lagu daerah, menjadi bagian dari upacara ini. Sehingga memberikan semangat kepada seluruh warga Indonesia, khususnya di Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Oleh sebabnya, Wali Kota Eri Cahyadi berharap, momentum Hari Kemerdekaan ini dapat mendongkrak semangat dalam membangun kota. Bagaimana semangat perjuangan para pahlawan dapat menular kepada seluruh warga Kota Surabaya.

“Semoga dengan semangat perjuangan Hari Kemerdekaan ini, maka kita memiliki semangat yang luar biasa. Semangat untuk membangun Kota Surabaya agar menjadi kota yang bisa membahagiakan seluruh warganya,” harap dia.

Dalam momen tersebut, Wali Kota Eri Cahyadi sekaligus menyerahkan 74 penghargaan kepada masyarakat, lembaga pendidikan, pimpinan instansi hingga stakeholder atas juara/ prestasi hingga dedikasinya untuk Kota Pahlawan. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

“Kita juga memberikan (penghargaan) hari ini kepada warga yang berpartisipasi menjadi bagian dari pembangunan Kota Surabaya,” ujarnya.

Tak hanya itu, secara simbolis, Wali Kota Eri Cahyadi juga menyerahkan program Beasiswa Pemuda Tangguh Tahun 2022 kepada dua orang perwakilan mahasiswa penerima. Juga, bantuan perlengkapan sekolah kepada 20 perwakilan pelajar SD-SMP di Surabaya. “Seragam itu adalah untuk anak-anak yang masuk tahun ajaran baru,” imbuhnya.

Wali Kota Eri Cahyadi menjelaskan, jika pada tahun-tahun sebelumnya, bantuan perlengkapan sekolah hanya diberikan untuk pelajar kelas 1 dan 7, maka sekarang ini dia meminta supaya dapat diperluas. Yakni, diberikan mulai dari pelajar kelas 1 – 7 yang berasal dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Jadi pada waktu menyambut hari (ajaran) baru, mereka punya semangat kemerdekaan yang hari ini kita berikan. Sehingga mereka tidak minder lagi,” terangnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu menyatakan, bahwa pemkot bersama DPRD berkomitmen menggunakan seluruh anggaran Surabaya untuk kepentingan umat. Salah satunya adalah untuk seragam sekolah bagi pelajar dari keluarga MBR.

“Kita sepakat dengan DPRD Surabaya bahwa memang (anggaran) benar digunakan untuk kepentingan umat yang seperti ini. Dan itu menjadi komitmen kami pemkot dan DPRD untuk memberikan yang terbaik bagi warga Kota Surabaya,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa upacara pengibaran bendera merah putih di Balai Kota Surabaya menggunakan formasi Paskibraka lengkap. Setidaknya ada sebanyak 99 anggota Paskibraka yang terlibat dan berasal dari para pelajar SMA/SMK terpilih di Kota Surabaya.

Upacara di Balai Kota Surabaya semakin semarak dengan hadirnya ratusan peserta paduan suara ‘Gita Pelajar Surabaya’. Paduan suara ini terdiri dari 200 pelajar yang berasal dari SMPN 1 dan SMPN 6 Surabaya. Paduan suara itu makin tambah meriah dengan iringan orkestra serta gamelan yang dimainkan langsung oleh puluhan pelajar dari sejumlah lembaga pendidikan di Kota Pahlawan.

No More Posts Available.

No more pages to load.