Cegah Korupsi Dana Desa, Ketua KPK RI Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Program Desa Anti Korupsi

by -365 Views
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Firli Bahuri.

SURABAYA, Wartagres.Com – Cegah terjadinya tindak pidana korupsi di pemerintahan desa, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Firli Bahuri, Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Program Desa Anti Korupsi, yang dilaksanakan pada Rabu (14/9/2022) di Gedung Islamic Center, Dukuh Kupang 1 Surabaya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Kepala Daerah melalui video virtual serta 300 Kepala Desa yang diikuti seluruh kades secara virtual dengan total kepala desa sebanyak 7.721 orang.

Firli Bahuri, menjelaskan, saat ini pihaknya berada di jatim dalam rangka pencanangan desa anti korupsi bersama Gubernur Jatim. Mengawali pemberantasan korupsi dari desa, karena kita berharap dari desa kita bersihkan praktek korupsi.

“Tentu KPK telah melakukan bimbingan perangkat desa maupun kepala desa, baik itu terkait penyusunan rencana anggaran, pelaksanaan anggaran maupun pertanggung jawabkan laporan itu sendiri,” kata Ketua KPK Firli Bahuri, usai kegiatan tersebut, Rabu (14/9/2022) siang.

“Tadi saya dapat laporan dari bu gubernur, kita sungguh berbahagia, bahwa dana desa itu tidak hanya digunakan pembangunan infrastruktur tetapi juga mengembangkan usaha di desa,” lanjut dia.

Sedangkan untuk pengawasan. KPK bekerjasama dengan kementrian desa dan pemerintah dalam hal ini kementrian dalam negeri dan kementrian keuangan untuk melakukan bimbingan teknis kepada kades.

“Hari ini hadir 300 kades dan secara virtual dihadiri seluruh kades se jatim sebanyak 7721 orang untuk mengikuti bimbingan teknis terkait dana desa anti korupsi,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.