Begini Kata Politisi Muda PKS Rizki Wanda Budiman Soal Hari Pers Nasional

by -598 Views
Politisi muda PKS kota Surabaya, Rizki Wanda Budiman.

SURABAYA, Wartagres.Com – Politisi muda PKS kota Surabaya, Rizki Wanda Budiman menyampaikan pesan dan sejarah penting terkait peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di DPRD Surabaya dari Dapil 3 ini mengatakan, sejarah hari pers tidak lepas dari terbentuknya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang menjadi ujung tombak dunia jurnalistik pada saat itu.

Dirinya menerangkan, pers mempunyai peran yang sangat vital mulai dari era kemerdekaan bahkan untuk saat ini. Untuk di era kemrdekaan, Rizki menjelaskan, pers memiliki dua peran.

Pertama, peran pemberitaan dan penerangan dalam membangkitkan kesadaran nasional atas situasi yang sedang terjadi.

“Kedua, Peran politik dalam membangun perlawanan rakyat terhadap penjajahan,” ujarnya.

Riski menambahkan, seiring berkembangya zaman kini pers memiliki peran jauh berbeda dari era kemerdakaan. Artinya, mempunyai kekuatan atau power yang mampu berpengaruh untuk kemajuan bangsa.

“Yaitu, menjadi pers yang membawa cita2 luhur bangsa, berpegang pada nilai luhur pancasila, agama, dan kebudayaan luhur bangsa sebagai pondasi nilai utama dalam menjalankan perannya,” bebernya.

Selain itu, pers juga membantu dalam menjaga kesatuan bangsa Indonesia, menghadirkan pemberitaan yang profesional, independen dan menjunjung tinggi dan mampu memberi nilai kejujuran (bukan berita hoax).

“Maka dari itu memasuki masa pemilu yang sebentar lagi akan digelar, pers diharapkan menjadi penyeimbang untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia tercinta ini,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.