Kementerian KLHK RI Pilih Surabaya Sebagai Kota Percontohan Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik

by -482 Views
Kunjungan Kementerian LHK RI di pengelolaan sampah Benowo.

SURABAYA, Wartagrew.Com – Di Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima kunjungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, di instalasi Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo, Jumat (10/2/2023). Dalam kunjungan tersebut, juga disambut oleh pegiat lingkungan Kota Surabaya.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3, Kementerian LHK RI, Yulia Suryanti mengatakan, kunjungan kali ini dalam rangka memperingati HPSN 2023, yang mengusung tema “Touring Sepeda Jelajah Bersih Negeri”.

Dalam kesempatan ini, Yulia menyampaikan, tim pesepeda yang ikut dalam kegiatan ini, turut memberikan pesan kepada pegiat lingkungan yang hadir. “Mari kita bersama berkolaborasi menuju ke Indonesia yang lebih baik dan bersih, melalui kegiatan 3R, penerapan ekonomi sirkular yang nyata dan menjadi sumber energi,” sampai Yulia.

Yulia menjelaskan, alasannya memilih Surabaya sebagai salah satu kota jujukan di HPSN 2023. Menurutnya, Surabaya adalah kota pertama yang berhasil memberikan bukti nyata, dalam pengelolaan sampah menjadi energi listrik.

Menurutnya, Kota Surabaya bisa menjadi salah satu kota percontohan dalam hal pengelolaan sampah, menjadi sebuah energi listrik. “Apalagi kan kita ada program di tahun ini yaitu Zero Waste, Zero Emission Indonesia. Sehingga ini bisa menjadi kota percontohan daerah lainnya,” ujar Yulia.

Peserta touring sepeda jelajah bersih negeri Kementerian LHK RI tidak hanya mengunjungi Kota Surabaya, tetapi juga ada Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Kudus, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sebagainya.

“Pada HPSN 2023, kami bersama Pak Wakil Menteri dan Dirjen KLHK RI juga akan menggelar dialog bersama para pegiat lingkungan,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.