Peduli Masyarakat akan Kebersihan, Pemdes Sugihwaras Bangun TPS

by -513 Views
Lokasi pembangunan TPS.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Sampah merupakan limbah sisa yang tidak bisa dihindari, jika jumlahnya sedikit mungkin tidak menjadi persoalan, namun jika banyak tentu akan menjadi masalah.

Guna memberikan fasilitas masyarakat untuk pembuangan sampah, Pemerintah Desa Sugihwaras, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, saat ini melakukan pembangunan sarana Tempat Pembuangan Sampah (TPS ) di Dusun Sidomulyo.

Jasman Kepala Dusun Sidomulyo selaku Timlak menjelaskan, pembangunan TPS yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) tahun 2023 ditargetkan selesai dalam waktu 30 hari kerja dengan luas 336 meter, panjang 21 meter, lebar 16 meter dan tinggi 2 meter.

“Progresnya saat ini sudah 60 persen dan untuk kedepannya kita akan bikin pembakaran di kasih cerobong supaya asapnya langsung naik keatas agar tidak mengganggu warga sekitar,” tuturnya.

H. Amir Kepala Desa Sugihwaras mengungkapkan, selain pembangunan TPS di Dusun Sidomulyo pihaknya juga sudah membuat Tempat Pembuangan Sampah di Dusun Mindi. Diharapkan permasalahan sampah bisa teratasi dan warga lebih nyaman dalam membuang sampah pada tempatnya, supaya lingkungan menjadi lebih bersih.

“Kalau kita tidak memberi tempat yang khusus bagi warga untuk pembuangan sampah, dikhawatirkan sampah malah berserakan dilingkungan,” katanya, Rabu (24/05/2023).

Kades dua periode itu berharap, dengan adanya TPS, sampah warga bisa fokus ngumpul di satu titik. Agar tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, di saat musim kemarau sampah numpuk di sungai karena banyak warga yang buang sampah di jembatan dan bantaran sungai.

“Desa Sugihwaras juga sudah ada Bank Sampah, sampah plastik kardus, kertas sudah dipisahkan masing masing warga dan lumayan untuk sedikit menambah penghasilan mereka. Selanjutnya sampah yang sudah tidak dipilih ada petugas yang mengambil kemudian dikumpulkan di TPS,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada warga agar tidak membuang sampah sembarang dan menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Karena sampah setiap tahun semakin banyak dan menumpuk.

“Jika dibuang tidak pada tempatnya tentunya akan menimbulkan masalah baru. Baik dari masalah kesehatan, pemandangan yang kumuh, mengganggu kebersihan lingkungan masyarakat,” pungkas Kades.

Camat Sugihwaras Supranata, S.Sos. M.M. menambahkan, yang lebih dibutuhkan pada saat ini adalah timbulnya kesadaran masyarakat dan pola hidup yang sehat dengan menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

“Agar tercipta lingkungan sejuk, bersih dan sehat,” ucapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.