Fokus Penurunan Stunting, Pemkab Sidoarjo Gelar Progam Konsolidasi Bangga Kencana

by -600 Views
Fokus Penurunan Stunting, Pemkab Sidoarjo Gelar Progam Konsolidasi Bangga Kencana.

SURABAYA, Wartagres.Com – Penanganan Stunting terus digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan adanya program Konsolidasi Bangga Kencana dan Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting.

Program ini bertujuan untuk memberikan perhatian khusus pada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, serta memastikan mereka tumbuh dan berkembang dengan sehat. Konsolidasi Program Bangga Kencana merupakan program inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi dan kualitas hidup anak-anak di Kabupaten Sidoarjo. Program ini melibatkan berbagai sektor, termasuk pemerintah daerah, lembaga kesehatan, pendidikan, serta masyarakat secara keseluruhan.

Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi mengatakan Tim Pendamping Keluarga merupakan garda terdepan untuk mengawal mengatasi stunting pada lingkup kecil kelurahan hingga kecamatan. Diharapkan penurunan hingga 14 persen di tahun 2024 bisa tercapai.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak mulai dari kepala dinas hingga kader kecamatan dan desa untuk upaya kerasnya fokus pada penurunan stunting di Sidoarjo yang saya rasa tidak mudah, namun dengan semangat kita, Insyaallah kita bisa mencapai target penurunan secara signifikan yaitu mencapai 14 persen di tahun 2024,” jelas Subandi yang merupakan Ketua Tim Stunting Kabupaten Sidoarjo.

Melalui kolaborasi yang erat antar instansi, program ini mengintegrasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan bersama, yaitu menurunkan angka stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak.

Subandi juga mengatakan, saat ini juga telah berjalan untuk memperbaiki kualitas air bersih di Sidoarjo, kami berkerjasama dengan PDAM agar menjangkau air bersih hingga pelosok desa.

Kami berkomitmen untuk terus bekerja keras dalam meningkatkan kesejahteraan anak-anak dan mewujudkan generasi muda yang sehat dan berkualitas,” tegasnya dalam acara Konsolidasi Program Bangga Kencana dan Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Pendopo Kabuapaten Sidoarjo, Senin (5/6/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Sidoarjo drg. Syaf Satriawarman mengatakan kenaikan 1.4 persen angka stunting di Kabupaten Sidoarjo menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh OPD terkait. Sebagai contoh adalah DP3AKB yang akan fokus pada penyuluhan, fasilitasi program bantuan sosial untuk kelompok sasaran, serta pelayanan rujukan kepada kelompok sasaran.

Dari data DP3AKB tercatat sebanyak 4812 tim penurunan stunting di Kabupaten Sidoarjo yang terdiri dari unsur Bidan, Kader PKK, dan Kader KB. Kami terus fokus pada pembangunan balai KB yaitu tahun ini di Kecamatan Tarik dan Sukodono, untuk tahun depan kami akan usulkan untuk pembangunan Balai KB di Kecamatan Tarik dan Candi,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga terus membangun sinergi dengan pemerintah pusat dan pihak-pihak terkait lainnya untuk mendukung program ini. Dengan kolaborasi yang kuat, diharapkan upaya penurunan stunting dan peningkatan kesejahteraan anak dapat tercapai.

No More Posts Available.

No more pages to load.