Hindari Antrian, Komisi A Minta Pemkot Surabaya Buatkan e-KTP di Aplikasi IKD

by -501 Views
Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Budi Leksono.

SURABAYA, Wartagres.Com – Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Budi Leksono menilai, warga Surabaya yang kini masih antri untuk dapat e-KTP sebaiknya bisa langsung dibuatkan di aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Pasalnya, ditengah maraknya aktivasi KTP digital via IKD, pembuatan e-KTP harusnya bisa langsung dibuatkan.

Menurut legislator PDI Perjuangan Kota Surabaya ini, saat ini kurang lebih ada sekitar 26 ribu antrian untuk e-KTP di Surabaya.

“Daripada nunggu lama memang sebaiknya 26 ribu antrian tersebut bisa langsung dibuatkan di IKD,” ujar Budi Leksono.

Ia menjelaskan, ditengah gencarnya Pemkot Surabaya dalam hal ini Dispendukcapil menyarankan warga kota agar segera melakukan aktivasi digitalisasi kependudukan via aplikasi IKD, maka alangkah baiknya dibuatkan sekaligus yang antri daftar e-KTP via IKD.

“Kebetulan operasional sistem IKD sekarang ini tidak hanya di android saja, melainkan juga di Iphone. Nah ini salah satu bentuk inovasi Dispendukcapil Kota Surabaya bagi warga yang akan mengurus e-KTP,” terang Budi Leksono yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini.

Ia menerangkan, aktifivasi KTP via aplikasi IKD merupakan program dari pusat dalam hal ini Kemendagri yang diteruskan di setiap daerah. Karena pada saat itu, secara nasional terjadi kekosongan blanko KTP.

Dengan IKD, kata Budi Leksono, kita memiliki data kependudukan secara digital baik itu KTP, KK, Kartu BPJS, pajak kendaraan, dan PBB. Sehingga jika terjadi hilang KTP misalnya, kita tidak perlu repot lagi urus baru dan lapor ke kepolisian maupun ke Kecamatan dan Kelurahan.

“Tinggal klik IKD, KTP kita lengkap masih ada secara digital, jadi tidak perlu khawatir akan kehilangan data kependudukan kita,” pungkasnya.

Seperti di ketahui, guna mempercepat aktivasi KTP digital, Dispendukcapil Kota Surabaya saat ini telah membuka layanan aktifasi di pusat perbelanjaan setiap akhir pekan.

Adapun jadwal layanan aktivasi IKD dibuka pada Sabtu-Minggu tanggal 13-14 Mei dan 27-28 Juni 2023 di lima mal Surabaya. Yakni, Grand City Mall, Trans Icon, Plaza Surabaya, Galaxy Mall dan Ciputra World. Layanan di lima mal tersebut dibuka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

No More Posts Available.

No more pages to load.