Pelaku UMKM Bojonegoro Ikuti Pelatihan Pengembangan Bisnis, Tingkatkan Daya Saing

by -457 Views
Pelaku UMKM Bojonegoro saat mengikuti pelatihan.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Pemkab Bojonegoro berkolaborasi dengan Forum Industri Kecil Menengah Jawa Timur (FIJ) Cabang Bojonegoro dan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menggelar pelatihan pengembangan bisnis UMKM. Pelatihan digelar untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal dan siap berkompetisi di pasar internasional.

Pelatihan digelar Sabtu (26/8/2023) di Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro. Yakni dengan tema “UMKM Lokal Go International: Penyusunan Company Profile dan Analisis Laporan Keuangan Bagi Pengembangan Bisnis UMKM di Bojonegoroā€¯. Kegiatan pelatihan diikuti 30 anggota UMKM yang aktif dalam Forum IKM Jawa Timur Cabang Bojonegoro.

Program kolaboratif ini telah dimulai sejak tahun 2021 lalu dengan tujuan mendampingi UMKM lokal dan membantu mereka mengatasi tantangan. Salah satu langkah krusial di tahun ketiga kolaborasi ini adalah pemberian pelatihan tentang penyusunan company profile yang profesional dan analisis laporan keuangan yang akurat.

Salah satu peserta, Therima Nurvika, pemilik usaha PikaPiko Gallery merasa sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan ini. Karena pengetahuan yang didapatkan akan sangat berguna dalam mengembangkan bisnisnya ke tingkat internasional.

Kegiatan ini adalah bukti nyata kolaborasi yang kuat antara perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat dalam mendukung pengembangan UMKM lokal. Dengan dukungan dari berbagai pihak, masa depan cerah UMKM Bojonegoro di panggung global semakin dekat.

Dalam pelatihan ini, pembicara utama sekaligus Ketua Pengabdian kepada Masyarakat, Riska Nur Rosyidiana menjelaskan pentingnya memahami laporan keuangan dalam menjalankan usaha. Menurut dia, analisis laporan keuangan yang baik adalah kunci untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Sedangkan pembicara lainnya, Rizka Miladiah Ervianty, membahas tentang penyusunan company profile yang efektif. Ia menjelaskan bagaimana sebuah profil perusahaan yang baik dapat membantu UMKM menarik perhatian investor dan konsumen potensial.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro Nanang Dwi Cahyono menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Saya sangat bangga dengan semangat dan dedikasi UMKM Bojonegoro untuk berkembang. Dengan pengetahuan yang mereka peroleh hari ini, saya yakin mereka akan menjadi kekuatan baru dalam perekonomian global,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.