Komisi C : Proyek Pembangunan Skala Kecil di Surabaya Masih Berjalan

by -369 Views
Anggota komisi C DPRD kota Surabaya, Sukadar.

SURABAYA, Wartagres.Com – Hantaman badai pandemi covid-19 yang tengah terjadi membuat pemerintah kota Surabaya harus ekstra ketat dalam menggunakan anggaran.

Alhasil pembangunan proyek fisik di Surabaya juga tersendat, terlebih proyek dengan skala besar yang otomotis terhenti lantaran pemkot Surabaya melakukan refocusing anggaran.

Namun, untuk proyek pembangunan dengan skala kecil yang nilai proyeknya kisaran Rp1,5 miliar seperti membuat jalan di kampung-kampung, paving, dan saluran di Surabaya masih tetap berjalan.

“Meski proyek nya kecil itu artinya pembangunan di Surabaya tahun ini masih tetap berjalan, tidak stag atau macet sama sekali. Nilai proyek Rp1,5 miliar masih berjalan seperti, bangun jalan di kampung-kampung misalnya.”ujar Sukadar, anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, Rabu (4/8/2021).

Sukadar menjelaskan, APBD Kota Surabaya tahun ini Rp9,8 triliun, dengan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 8,8 triliun di tahun 2021, namun faktanya hingga semester I-2021 PAD kita yang seharusnya sudah masuk minimal Rp5 triliun itu belum tercapai.

“Jadi memang kami tidak yakin target PAD Rp.8,8 triliun tahun ini yang sudah disepakati bersama antara dewan dengan Pemkot Surabaya bisa tercapai, karena pandemi Covid-19 dampaknya memang luar biasa disemua sektor.”terang politisi senior PDI Perjuangan Kota Surabaya ini.

Lebih lanjut Sukadar menambahkan, jadi dari segi pengelolaan anggaran Kota Surabaya saat ini tidak menentu. Sang Executor (eksekusi) anggaran dalam hal ini Pemkot Surabaya juga kebingungan untuk meraih target PAD yang sudah ditargetkan, yaitu Rp. 8,8 triliun.

Sementara, jelas Sukadar, potensi PAD Kota Surabaya dari sektor pajak juga tidak bisa diharapkan karena pandemi ini. Oleh karena itu pembangunan yang dikerjakan saat ini hanya proyek-proyek kecil.

Sementara kalau proyek besar sampai diresmikan segala itu proyek multi years, jadi anggarannya dari tahun ke tahun.

“Tapi untuk proyek kecil di Surabaya masih tetap berjalan, jadi jangan dibilang pembangunan Surabaya ini mati suri, No No”, tuturnya.

Contohnya proyek yang kini sedang berjalan, kata Sukadar, pengerjaan paving di RW 06 Sukomanunggal itu sudah ada pemenang tendernya dengan nilai proyek Rp1,9 miliar pada akhir Juli kemarin. Dan Agustus ini mulai pelaksanannya.

“Jadi proyek sudah mulai bergerak proyek meski nilai nya kecil.”ungkapnya.(adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.