Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Hentikan Pencarian dan Evakuasi Warga

by -93 Views
Korban dievakuasi oleh petugas.

LUMAJANG, Wartagres.Com – Pencarian korban hilang yang dilakukan oleh tim SAR baik dari Polri,TNI, Basarnas dan lainnya sementara dihentikan, hal ini terjadi lantaran Semeru kembali erupsi pada Kamis (16/12/2021) sekitar pukul 09.00 WIB.

Selain menghentikan pencarian, petugas juga melakukan evakuasi warga yang tinggal disekitar Gunung Semeru menuju posko pengungsian Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu warga yang saat itu berada di Balai desa Sumberwuluh. “Saat erupsi terjadi, banyak warga sedang berada di balai desa sehingga semuanya berlarian menuju ke bawah,” kata Mail, Warga Sumberwuluh.

Sementara itu, Rizqi salah satu relawan bencana mengatakan bahwa dirinya dan relawan lain sempat terkejut saat Gunung Semeru kemabli erupsi lantaran sedang melakukan pencarian korban di area tambang, Curah Koboan.

“Tim tadi langsung berlarian ke bawah karena erupsi itu. Padahal tadi pagi nya cuaca cukup cerah sehingga memudahkan tim dalam melakukan pencarian korban,” ujar Rizqi.

Rizqi juga menghimbau kepada warga agar tidak mendekat ke area lokasi Gunung Semeru guna memudahkan petugas dalam melakukan pencarian.

“Karena akan menjadi kendala tersendiri bagi petugas apabila jalur evakuasi kerap dilalui warga dan pencarian tidak steril,” ucapnya.

Sebelumnya, Gunung Semeru mengeluarkan erupsi nya pada Sabtu (4/12/2021). Selain mengakibatkan puluhan korban jiwa dan hilang, ribuan rumah dan beberapa fasilitas publik juga rusak. (Rdp)

No More Posts Available.

No more pages to load.