Sebanyak 76 Warga Jember Dapat SIM Gratis, Diberikan Bagi yang Ulang Tahun Tanggal 1 Juli

by -368 Views
Kasatlantas Jember Enggarrani Laufria saat memberikan SIM gratis kepada penyandang difabel.

JEMBER, Wartagres.Com – Sebanyak 76 warga Jember yang mengajukan pembuatan baru ataupun perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) lama. Mendapatkan fasilitas gratis dari Polres Jember.

Pemberian fasilitas SIM gratis bagi semua golongan itu dilakukan, kata Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo.

Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat untuk merayakan Hari Bhayangkara 1 Juli.

“Hari bhayangkara ini kami memberikan SIM gratis bagi masyarakat yang mengajukan permohonan dan lahir pada tanggal 1 Juli 2022. Ada total 76 orang yang menerima SIM gratis ini,” kata Hery saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Markas Satlantas Polres Jember, Jumat (1/7/2022).

Terkait pemberian SIM gratis itu, diketahui sebelumnya. Masyarakat yang melakukan permohonan.

Mendaftar terlebih dahulu secara daring ke laman Web Polres Jember.

“Bahkan ada yang masih mengajukan sampai hari Rabu kemarin, juga kita fasilitasi (dapat SIM gratis),” ucapnya.

“Para penerima SIM gratis ini, adalah masyarakat yang mengajukan SIM baru atau perpanjangan SIM. Adanya kegiatan ini, sebagai bentuk sinergi yang baik antara Polri dengan masyarakat, untuk lebih baik lagi.

Tentunya untuk SIM yang baru, tetap dilakukan tahapan tes. Mulai dari tes materi, dan tes praktek di lapangan.

“Khusus untuk yang diberikan gratis ini, untuk semua jenis SIM (A, B, C, ataupun D),” ucapnya.

Terpisah warga Jember Suprapti mengaku bersyukur adanya layanan pembuatan SIM gratis itu. Terlebih dirinya yang juga seorang difabel dan sangat membutuhkan SIM untuk kenyamanan beraktifitas saat berkendara motor.

“Saya bersyukur bisa menerima ini, dapat SIM D gratis. Kalau gak punya SIM kan was-was. Jadi sekarang punya, apalagi kebetulan pas Hari Bhayangkara,” kata perempuan yang juga bekerja sebagai penjahit ini.

Dengan adanya SIM khusus bagi penyandang difabel, lanjutnya, juga sebagai contoh bagi masyarakat lainnya. Terlebih khususnya bagi penyandang difabel, untuk tertib berlalu lintas.

“Semoga tahun depan lebih baik, terutama bagi kaum disabilitas agar juga semakin sadar berlalu lintas dengan memiliki SIM ini. Saya siap jadi contoh tertib berlalu lintas, dengan memiliki SIM sesuai aturan dan taat berlalu lintas,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.